Polisi Tes Urine Pengemudi Bus di Terminal Untung Suropati

1119

Pasuruan (wartabromo.com) – Satlantas Polres Pasuruan Kota lakukan tes urine pada pengemudi bus, Jumat (18/12/2018). Kegiatan dilangsungkan di terminal Untung Suropati Kota Pasuruan itu, sebagai satu cara hindari peristiwa kecelakaan.

Puluhan pengemudi bus tiba-tiba dikumpulkan di salah satu sudut terminal. Beberapa pengemudi terlihat kebingungan, setelah mendadak didata dan diminta mengantri untuk tes urine.

Tak berapa lama, pengemudi bus diarahkan ke toilet, kemudian keluar dengan membawa sampel urine masing-masing dan diserahkan ke tim dokter kepolisian. Beberapa petugas dari Sat Narkoba Polres Pasuruan Kota juga terlihat di lokasi, sibuk membantu serangkaian tes urine pengemudi bus.

Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota AKP Kadek Ary Mahardika menjelaskan, pihaknya sengaja memilih pengemudi bus sebagai fokus utama tes urine, lantaran dianggap memiliki tanggung jawab besar membawa banyak penumpang.

Baca Juga :   Gunung Penanggungan ‘Warisan Mahal’ Cagar Budaya

Iapun menegaskan, upaya ini sebagai mencegah penggunaan obat-obatan berbahaya dan narkoba, yang dimungkinkan dapat memicu peristiwa kecelakaan di jalan raya.

“Untuk mengantisipasi sopir menggunakan narkoba. Kegiatan ini untuk mencegah kecelakaan,” kata Kadek di sekitar lokasi.

Sisi lain, di sela menunggu hasil tes urine, pengemudi bersama warga lain juga memanfaatkan fasilitas cek kesehatan yang memang dilakukan bersamaan.

Selanjutnya diungkapkan oleh Kedek, bila tes urine bakal sering dilakukan, sampai beberapa hari ke depan dengan tempat dan sasaran berbeda, yang dilakukan mendadak tanpa ada pengumuman.

“Bisa juga nanti sopir angkutan kota, angkutan pedesaan dan lainnya,” pungkas Kadek.

Sementara, sejumlah pengemudi bus mengaku mengapresiasi tes urine yang dilakukan mendadak ini, sehingga mereka menyadari dan berpendapat tak mempermasalahkan, meski waktu bekerjanya tersita.

Baca Juga :   Saat 4 Karyawan Berkomplot Bobol Brankas Perusahaan

“Nggak apa-apa. Kan untuk keselamatan,” kata seorang pengemudi.

Sekedar diketahui, dari puluhan pengemudi bus yang dites urine kali ini, polisi mencatat tak ada seorangpun tang posisif mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan berbahaya. (ono/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.