Anggaran Rp 10 Miliar Diusulkan untuk Gedung Baru Kemenag Probolinggo

348
Lokasi rencana pembangunan Kantor Kemenah Probolingoo, di sebelah Kantor KUA Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Rencana perpindahan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo ke Kota Kraksaan kian matang. Anggota komisi 8 DPR RI Hasan Aminuddin bahkan sudah mengusulkan dana pembangunan sebesar Rp 10 Miliar.

Hasan Aminuddin mengatakan usulan anggaran ia sampaikan saat melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Syaifuddin. RDP itu dilaksanakan sebelum akhir tahun 2018 lalu.

“Saat RDP bersama Menteri Agama, saya menyampaikan agar memindah kantor kementerian agama yang saat ini bermukim di Kota Probolinggo. Saya mengusulkan untuk infrastrukturnya hanya 10 milliar, itu untuk sementara. Sehingga nantinya kantor kemenag itu berada di ibu kota Kabupaten Probolinggo,” kata Hasan, Rabu (9/1/2019).

Suami Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari ini, menjelaskan bahwa Pemkab Probolinggo mempunyai aset berupa tanah kosong yang bisa digunakan untuk pembangunan gedung Kemenag. Yakni tanah lapang di utara masjid Ar-Raudah atau persis di timur KUA Kraksaan.

“Ada tanah Pemkab yang kosong di utara masjid, itulah nantinya yang Insyaallah manakala anggaran sudah turun akan dibangun untuk kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo. Pemkab pun siap melepaskan aset itu demi kemaslahatan umat,” terang mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini.

Meski Pemkab siap melepas asetnya, ternyata hingga saat ini pihak Kemenag Kabupaten Probolinggo belum bersurat secara resmi ke pemkab.

“Belum ada surat masuk terkait aset itu. Jika sudah ada, nantinya kami sampaikan kepada Ibu Bupati. Nanti keputusan ada ditangan beliau, bagaimana mekanisme pelepasan aset itu,” kata Santiyono, selaku Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo. (cho/saw)