TNI Bersama Warga Bersihkan Material Puting Beliung

529

Probolinggo (wartabromo.com) – Paska puting beliung yang melanda, warga bersama anggota TNI membersihkan material bangunan. BPBD Kabupaten Probolinggo menyebut bencana alam itu melanda 2 kecamatan.

Rabu (23/1/2019) pagi, sejumlah warga dan anggota Kodim 0820 Probolinggo melakukan kerja bakti di Desa Pesisir, Kecamatan Gending. Ada juga Tagana dan BPBD Kabupaten Probolinggo. Mereka membongkar bangunan yang sudah tak layak huni, serta mengevakuasinya ke tempat yang layak. Ada juga yang mengganti genting yang hancur akibat diterjang puting beliung.

Menurut anggota Kodim 0820 Probolinggo, Serma Hariyanto, dalam upaya tanggap bencana, setidaknya ada 28 anggota yang dikerahkan.

“Mereka terbagi dalam 3 tim dan tersebar di 3 desa, yakni Desa Pesisir, Desa Bulang, dan Desa Brumbungan Lor. Mereka dikerahkan untuk membantu warga dalam memperbaiki rumahnya yang rusak,” ujarnya saat di lokasi.

Baca Juga : Puting Beliung Terjang Gending

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Probolinggo, angin kencang pada Selasa (22/1/2019) sore itu, melanda 2 kecamatan, yakni Gending dan Maron. Dari 2 kecamatan itu, ada puluhan rumah yang rusak di 4 desa. Rinciannya, 4 rumah rusak di Desa Brumbungan Lor; 2 bangunan di Desa Bulang; dan 25 rumah rusak di Desa Pesisir. Ketiga desa itu, masuk Kecamatan Gending. Sementara di Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, ada 6 rumah rusak.

Dari puluhan rumah itu, yang masuk kategori rusak berat 8 rumah, rusak sedang sebanyak 3 unit. Sisanya hanya mengalami rusak ringan berupa genteng atau atap lepas.

Berdasarkan data, Pemkab Probolinggo berupaya akan mengucurkan bantuan berupa perbaikan rumah. Namun, masih menunggu data finalnya.

“Kami melakukan assesment kembali. Karena dari data awal masih ditemukan kerusakan pada milik warga yang lain. Kami selalu siap, TRC 24 jam siaga. Kami data dan tidak membutuhkan bantuan pangan, ada Kecamatan Gending dan Maron,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi. (cho/saw)