Resmikan Pospeda, Gus Irsyad: Pengembangan Ponpes menjadi Program Utama

691
Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan, memberikan sambutan dalam Pospeda (Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah), di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Rabu (13/2/2019).

Pasuruan (wartabromo.com) – Pondok Pesantren (Ponpes) menjadi bagian penting dalam pembangunan di Kabupaten Pasuruan. Tahun ini, Pengembangannya menjadi prioritas program Bupati dan Wakil Bupati.

Hal itu diungkap oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda), di Pendopo Kabupaten, Selasa (12/2/2019).

Ia menyebutkan, melibatkan Pondok dalam proses pembangunan di Kabupaten Pasuruan, menjadi hal penting. Menurutnya, pemberdayaan dan pengembangan juga menjadi perhatian.

Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan berbincang dengan Mujib Imron, Wakil Bupati Pasuruan dalam acara pembukaan Pospeda (Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah) di Pendopo, Rabu (13/2/2019).

“Peluang-peluang pengembangan Ponpes menjadi program utama saya dan Wakil Bupati,” ujar pria yang akrab disapa Gus Irsyad itu.

Gagasan Gus Irsyad, berkenaan dengan keberadaan lembaga pendidikan yang memperkuat moral itu, sepertinya menjadi keniscayaan. Tercatat, sebanyak 320 Ponpes tersebar di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Sehingga secara spesifik peningkatan mutu pendidikan di pesantren, sepatutnya menjadi perhatian. Harapannya, kemampuan santri juga kian terasah, sehingga dapat terlibat dalam pengembangan Kabupaten Pasuruan dalam berbagai sektor.

Berkenaan dengan keinginan itu, Pospeda oleh Irsyad dianggap sebagai salah satu cara untuk mewujudkannya.

Sekedar informasi, Pospeda dibuka langsung oleh Irsyad Yusuf, dihadiri Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron berikut sejumlah pejabat di Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan dan pimpinan OPD. Hampir seluruh pengasuh dan pimpinan ponpes di Kabupaten Pasuruan diundang, untuk sukseskan kompetisi antar Pondok Pesantren ini. (bel/ono)