KPU Terima 2 Kontainer Surat Suara

424

Probolinggo (wartabromo.com) – Dua kontainer surat suara untuk Pemilu 2019 diterima KPU Kabupaten Probolinggo. Hanya saja, KPU belum melipatnya karena tidak semua surat suara datang.

Mendekati Pemilu yang akan digelar pada 17 April nanti, perlengkapan Pemilu sudah mulai didistribusikan. Salah satunya adalah surat suara. Dari 5 surat suara yang akan digunakan pada Pemilu, KPU Kabupaten Probolinggo baru menerima 2 jenis surat suara. Yakni untuk DPR-RI dan DPRD Provinsi sebanyak 1850 dos. Surat suara ini diangkut dalam 2 kontainer pada Selasa (12/2/2019) malam.

“Tahapan awal yang baru kami terima adalah surat suara untuk DPR-RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur. Surat suara itu kemudian kami simpan di gudang penyimpanan sebelum dilakukan tahap pelipatan,” kata ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M. Zubaidi, Kamis (14/2/2019).

Artinya KPU masih menunggu kedatangan 3 jenis surat suara lainnya. Yakni untuk DPRD Kabupaten Probolinggo, DPD RI dan Presiden. Namun, KPU belum tahu kapan sisa surat suara itu akan dikirim oleh percetakan pemenang tender.

“Belum tahu kapan, tergantung dari pemenang tendernya. Kami masih menunggu konfirmasi dari perusahaan pemenang tender untuk pendistribusiannya,” lanjutnya.

Zubaidi mengatakan 1.850 dos surat suara tersebut sudah memenuhi kouta hak pilih yang ada di Kabupaten Probolinggo. Yakni jumlah DPT plus 2,5 persen dari pemilih tetap.

“Sudah mencukupi. Hanya tinggal melakukan pengecekan terhadap surat suara yang rusak dan yang cacat. Dan apabila nanti ada surat suara yang rusak dan cacat, kami akan mengembalikan surat suara tersebut,” tandas komisioner 3 periode itu. (cho/saw)