Relawan TIK Pasuruan Dorong Kelompok Milenial Bijak Bermedsos

967

Beji (wartabromo.com) – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pasuruan, mendorong para muda bijak gunakan media sosial (medsos). Sikap bijak merupakan cara memanfaatkan teknologi informasi dengan cerdas sehingga terhindar dari persoalan hukum.

Hal itu mengemuka dalam pembukaan Literasi Digital Kampung KB di Balai Dusun Sumurgemuling – Kluncinglegi Desa Kenep, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Kamis (7/3/2019).

Ketua Relawan TIK, Bahruddin atau yang akrab disapa Mas Bro menyampaikan maraknya ujaran kebencian atau bahkan berita bohong (hoax) mudah tersebar di dunia maya. Masalahnya, tak sedikit kelompok muda milenial terjebak pada kabar bohong itu, sampai kemudian larut ikut menyebarkannya.

“Generasi muda di era milenial ini harus lebih bijak menyikapi maraknya berita hoax serta menekankan untuk berhati-hati dalam berstatus di media sosial,” ujar Mas Bro.

Sepatutnya, semua pihak bisa melakukan penyaringan dengan memastikan sumber berita itu, untuk mendapatkan kebenarannya. Memanfaatkan teknologi informasi dengan baik merupakan langkah cerdas, agar terhindar dari jeratan UU ITE.

Sekedar informasi, beberapa waktu terakhir terdapat empat pemuda berurusan dengan hukum setelah meng-upload gambar dan visualisasi soal pintu Bank BCA Pandaan pecah. Mereka menyebutnya telah terjadi perampokan, yang ternyata kaca pecah gara-gara ada perbedaan suhu ruangan.

“Karena statusmu harimau-mu,” tandasnya.

Sementara, Mukhtar mewakili Camat Beji memberikan apresiasi sekaligus turut memberikan dorongan kepada masyarakat, terutama kelompok muda untuk menghindari hoax dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan positif.

Kegiatan Literasi Digital dengan Tema “Cerdas, Kreatif dan Produktif bersama Kampung KB Desa Kenep Beji Pasuruan di Era Digital” ini, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Teknologi Informasi untuk menunjang produktivitas atau peningkatan potensi ekonomi desa.

Setidaknya ada 60 peserta memadati sosialisasi yang juga didukung media online wartabromo ini terdiri dari perangkat desa, PIK Remaja, Tunas Genre, BKR, dan PLKB.

Selain pihak kecamatan, terlihat hadir dan turut memberikan sambutan Kepala Desa Kenep, Nur Sholeh. Tak ketinggalan sejumlah pemuka agama dan tokoh masyarakat pun andil dalam kegiatan literasi digital oleh Relawan TIK ini. (**/**)