Kelabui Polisi, Sindikat Begal Lumajang Sembunyikan Motor di Sini

5057
Beberapa barang hasil pembegalan diamankan petugas. Foto : Humas Polres Lumajang.

Lumajang (wartabromo.com) – Tim Cobra Polres Lumajang berhasil membekuk persembunyian sindikat begal di Kabupaten Lumajang. Samarkan aksi, pelaku sembunyikan motor di hutan dan kandang sapi.

AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang mengatakan, penggrebekan ini dilakukan di Dusun Sumur, Desa Sumberwringin, Kecamatan Klakah. Sebanyak 48 Tim Cobra disiapkan dengan sebelumnya dibagi menjadi 2 tim, dan dipimpin langsung oleh Kapolres.

“Tim kita pecah menjadi 3 yakni 1 tim langsung tusuk dari depan untuk melakukan pendobrakan, 1 tim untuk segera masuk melakukan penggeledahan setelah di didobrak dan 1 tim bertugas mengepung rumah mengantisipasi pelaku kabur melalui pintu samping maupun belakang,” terang Arsal, Jumat (12/4/2019).

Saat menggrebek rumah, petugas tidak menemukan barang-barang berarti selain langsung mengamankan seorang pelaku bernama Ahmad Rofi’I (20). 1 orang lain yakni Mulyadi (50) berhasil kabur meski beberapa kali diberi tembakan peringatan.

Mulyadi diduga sebagai penadah dan otak pembegalan di Kabupaten Lumajang. Puluhan bahkan ratusan motor sudah berhasil Ia gasak. Informasi ini didapatkan petugas dari beberapa begal yang sudah terlebih dahulu ditangkap.

“Kami temukan motor yang disembunyikan di hutan sebanyak 4 motor yang ditutupi semak-semak, serta 1 motor ditemukan di kandang sapi di tutupi rumput. Dalam penggeledahan tidak ada motor yg disimpan di dalam rumah. Ini artinya pelaku sangat lihai mengantisipasi kecurigaan petugas,” lanjutnya.

Selain motor, petugas berhasil mengamankan 3 STNK, 11 plat nomor, protolan kendaraan seperti mesin dan rangka, 2 senapan angin, 3 bilah senjata tajam (sajam), dan 1 ketapel.

Sampai saat ini petugas masih melakukan pengejaran terhadap pelaku. Diantaranya dengan melakukan patroli di daerah rawan. (may/ono)