Bosan Menu Lebaran, Warga Serbu Ikan Asap Probolinggo

4362

Probolinggo (wartabromo.com) – Penjual ikan asap di Jalur Pantura, Dusun Parsean, Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo meraup berkah. Pasalnya, warga yang bosan dengan menu lebaran, kini beralih ke ikan asap.

Seperti yang dikatakan Miftahul Jannah (29) salah satu pembeli ikan asap. Selama lebaran ini ia selalu makan dengan menu-menu masakan kental, seperti opor ayam, daging bumbu rujak dan sebagainya. Sehingga ia bosan dengan masakan berlemak itu.

“Beberapa hari ini makan masakan berlemak terus, sampek ingin makan yang seperti ini, ikan asap dengan sambel gitu pakek kuah bening, enak,” ujarnya, Minggu (9/6/2019).

Hal ini dibenarkan oleh Wiwik (34), penjual ikan asap. Sejak Ramadhan, peminat ikan asap semakin bertambah. Apalagi di momen Idul Fitri, pembeli ikan asapnya terus meningkat.

Baca Juga :   Kali Kelima, Pemkab Probolinggo Raih Penghargaan WTP

“Sejak Ramadan apalagi lebaran jualan ikan asap laris manis dibeli pelanggan. Alhamdulillah ini benar-benar berkah, karena hampir setiap hari dagangan habis terjual,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa ikan asapnya tidak hanya diburu warga sekitar. Tapi juga para pengguna jalan yang melintas di Jalur Pantura.

Menurut Wiwik, ikan asap yang banyak diburu pelanggan yakni jenis cakalang. Lantaran ikan tersebut lebih banyak dagingnya dari pada tulang. Apalagi rasanya lebih gurih jika dibandingkan jenis ikan yang lain. Ia mengaku meraup omzet hingga Rp 1 juta perharinya. Penjualan meningkat jika dibandingkan hari biasa yang hanya meraup Rp 500 ribu. (fng/may)