Ini Tradisi Warga Pasuruan di Lebaran Ketupat

0
5729
Foto sebagai ilustrasi.

Pasuruan (Wartabromo.com) – Hari Raya Idul Fitri menjadi momen silaturahmi bagi seluruh umat muslim. Namun tidak hanya itu, berbagai tradisi juga digelar oleh masyarakat daerah, seperti Hari Raya Ketupat. Seperti di Pasuruan, ada tradisi unik warga yang merayakan “kupatan”, khususnya di warga pesisir laut.

Apa saja kegiatannya? Simak Yuk!

  1. Wisata Praon
Foto sebagai ilustrasi.

Wisata Praon atau Praonan yakni kegiatan dengan menaiki perahu mengelilingi lautan. Perahu berukuran kecil maupun besar berjajar siap untuk dinaiki warga berkeliling. Warga Pasuruan tak mau ketinggalan menyusuri laut dengan perahu bersama ratusan warga lainnya.

Tahun ini, wisata Praon bisa dinikmati di Kecamatan Kraton : Desa Gerongan, Desa Semare, Desa Kalirejo; Perairan Kota Pasuruan; Kecamatan Lekok: Desa Tambak Lekok, Desa Jatirejo; dan Desa Wates ; terakhir di Perairan Kecamatan Nguling.

  1. Ski Lot
Foto sebagai ilustrasi.

Tradisi unik lain yakni Ski Lot. Ski Lot adalah permainan berseluncur di atas lumpur tambak dengan air payau. Nah, permainan ini biasanya dilombakan yang pesertanya rata-rata para nelayan.

Ide permainan ini sebenarnya berasal dari rutinitas para nelayan yang mencari kerang dan rajungan di Laut dengan menggunakan papan. Sesekali, mereka melakukan lomba untuk menghilangkan penat. Dari sinilah kemudian ada tradisi ski lot setiap tahunnya.

Permainan Ski Lot bisa disaksikan warga hanya di Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

  1. Petik Laut
Foto sebagai ilustrasi.

Petik Laut atau tasyakuran laut ini sebenarnya bisa dilakukan kapan pun sesuai tradisi di masing-masing desa. Salah satu momen yang menjadi tradisi yakni saat lebaran ke tujuh Idul Fitri. Warga beramai ramai menghias perahu sebagai rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa dengan tangkapan yang dihasilkan selama setahun ini.

Warga pun bisa menyaksikan tradisi petik laut ini di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton; dan Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok,

  1. Lomba Balap Perahu
Foto sebagai ilustrasi.

Lomba balap perahu menjadi tradisi yang melengkapi hari raya ketupat di Kabupaten Pasuruan. Lomba ini biasanya diikuti oleh nelayan dengan menggunakan perahu. Khusus lomba ini bisa disaksikan warga di Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

Selain 4 lomba tadi, ada beberapa lomba lain seperti lomba keris di area TPI, Desa Jatirejo, Kabupaten Pasuruan dan lomba perahu hias. Beberapa hiburan seperti musik elekton hingga orkes pun disajikan untuk menarik perhatian warga Pasuruan maupun luar Pasuruan. (may/ono)