Penuhi Pagu, SMAN Kejayan Susulkan Pendaftar Siswa Baru

1054
siswa mendaftar pada perpanjangan PPDB di SMAN Kejayan. Selasa, (25/6/2019).

Kekayaan (wartabromo.com) – Hingga hari terakhir masa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, jumlah pagu (daya tampung sekolah) di SMAN Kejayan, Kabupaten Pasuruan belum juga terpenuhi. Pihak sekolah kemudian memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran.

Hal ini disampaikan Dam Sarino, Ketua Panitia PPDB 2019 di SMAN 1 Kejayan. Sekolah yang berlokasi di Jalan Sladi, Kecamatan Kejayan ini, bisa dikatakan sangat kekurangan siswa. Menurut Sarino, kondisi ini merupakan dampak dari penerapan sistem zonasi pada PPDB tahun ini.

“Hingga hari terakhir pengumuman PPDB, siswa yang mendaftar ke sekolah ini masih jauh dari pagu yang disediakan,” ungkapnya saat ditemui di sela kegiatannya menerima pendaftaran susulan, Selasa (25/6/2019).

Dijelaskannya, dari pagu yang ditetapkan sebanyak 396, tercatat hanya 208 siswa yang mendaftar hingga penutupan PPDB. Mau tak mau, sekolah harus membuka kembali pendaftaran untuk memenuhi kekurangan sebanyak 188 siswa.
“Kami buka hingga pagunya tercukupi,” imbuhnya.

Guru Sosiologi ini mengungkapkan, masalah kekurangan pagu seperti ini baru pertama kali terjadi. Siswa di SMAN 1 Kejayan biasanya berasal dari kecamatan lain, seperti Kraton, Bangil, hingga Beji. Namun karena ada zonasi, maka calon siswa dari daerah tersebut tak bisa mendaftar.

M. Aldi Ramdani, salah seorang pendaftar susulan bersyukur ada perpanjangan pendaftaran di SMAN Kejayan. Sebabnya, alumni SMPN 1 Wonorejo ini tak tahu lagi akan mendaftar di sekolah mana setelah dirinya tidak diterima di SMKN 1 Purwosari.

“Kemarin pengumumannya tidak diterima di SMKN 1 Purwosari, hari ini saya daftar di SMAN Kejayan dan Alhamdulillah diterima,” ungkapnya.

Perpanjangan masa pendaftaran untuk pemenuhan pagu ini, sebelumnya juga disampaikan Indah Yudiani, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Pasuruan Kota dan Kabupaten Pasuruan.

“Untuk pemenuhan pagu, bebas zona. Jadi siswa yang tidak diterima di sekolah sebelumnya, bisa daftar di sekolah yang belum terpenuhi pagunya,” ungkap Indah.

Baca: Belum Penuhi Pagu, SMAN Kejayan dan Gondangwetan Buka Pendaftaran Gelombang Kedua

Hal yang sama juga terjadi di SMAN Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Pagu di sekolah ini juga belum tercukupi dan dikabarkan akan memperpanjang masa pendaftaran.

Namun, saat Wartabromo.com mencoba mengklarifikasi hal ini pagi tadi, pihak berwenang mengenai pendaftaran di SMAN Gondangwetan tidak dapat ditemui. Suasana tempat pelaksanaan PPDB pun tampak sepi, seperti tak terdapat aktivitas pendaftaran. (ptr/ono)