Duh! 2 Pria Ini Pura-pura Minta Sumbangan Lalu Curi Motor

1425

Probolinggo (wartabromo.com) – Dua warga Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo diamankan Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Ini lantaran keduanya merupakan spesialis pencuri motor, dengan modus pura-pura minta sumbangan.

Anto Wijaya (27) dan Asnawi (43) terbilang cerdik untuk mengelabuhi korbannya. Mereka berpura-pura minta sumbangan ke rumah-rumah, padahal sembari mencuri motor.

Mulanya keduanya mengintai rumah yang sepeda motornya terparkir di depan rumah. Sebelum beraksi, Anto yang berperan sebagai eksekutor memeriksa sekeliling rumah. Setelah itu, barulah Anto meminta sumbangan. Pemilik rata-rata tidak menaruh curiga, pasalnya saat beraksi, pelaku selalu menggunakan peci.

Saat pemilik mengambil uang itulah, Anto kemudian mengambil motor yang kebetulan kunci kontaknya masih menempel.

Sementara Asnawi, bertugas sebagai joki dan mengawasi keadaan luar rumah korban. Misalnya jika kondisi tidak aman, maka Asnawi memberi kode untuk Anto segera kabur.

“Jadi bagi masyarakat, setidaknya lebih berhati – hati. Jangan teledor meletakkan motor dengan kunci masih menempel. Walaupun di depan rumah,” ujar Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal, Selasa (2/7/2019).

Setidaknya kedua pria ini sudah menjalankan aksi di 5 TKP yang berbeda. Dari 5 lokasi itulah, polisi berhasil menyita lima unit kendaraan curian. Bukan hanya itu, sebuah peci putih pun turut disita petugas.

Saat ini polisi masih menyelidiki lebih lanjut modus ini, apakah ada komplotan lain yang ikut beraksi dengan modus sama. Termasuk penadah kendaraan hasil curian. (lai/may)