Ini Fakta Tentang ASEAN di Hari Jadinya

1307

Pasuruan (wartabromo.com) – Setiap bulan Agustus tanggal 8 diperingati sebagai Hari lahirnya Association of Southeast Asian Nation (ASEAN). Itu merupakan organisasi yang menaungi negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

Nah, untuk memperingati hari ulang tahun ASEAN, wartabromo merangkum 8 fakta menarik seputar ASEAN dari berbagai sumber.

1. Indonesia, Salah Satu Pelopor

ASEAN didirikan oleh 5 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Pembentukan Asosiasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang cukup terkenal, “Deklarasi Bangkok”. Dinamakan demikian karena peresmiannya dilakukan di Bangkok, Thailand.

2. Organisasi Politik dan Ekonomi

ASEAN dibentuk sebagai organisasi yang membahas politik serta ekonomi internasional antar negara ASEAN. Sebagaimana diketahui, politik internasional menjadi bidang hubungan pemerintahan antar negara. Sedangkan bidang ekonomi, berkaitan dengan perdagangan, keuangan, industri, dan produksi barang antar negara.

3. ASEAN dirikan pada di bulan Agustus 1967

Tepat hari ini, ASEAN didirikan, 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Tahun 2019 ini, ASEAN genap berusia 52 tahun. Organisasi Internasional ini beranggotakan 10 negara, antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

4. Sekretariat ASEAN berada di Indonesia

Meski diresmikan di Thailand, ternyata kantor sekretariat pusat ASEAN ada di Indonesia lho. Sempat satu gedung dengan kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Namun pada tahun 1981, kantornya pindah di jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Seluruh penduduk ASEAN bila disatukan menempati posisi tiga terbesar dunia

Penduduk Tiongkok, menjadi yang tertinggi di dunia, sekitar 1,39 miliar jiwa. Nah jika penduduk ASEAN digabung, akan menempati posisi ketiga dibawah Negara India yang memiliki penduduk sejumlah 1,34 miliar jiwa.

6. ASEAN merupakan rumah dari banyak perusahaan kuat dunia

Tahun 2006, ASEAN memiliki 49 perusahaan yang masuk dalam daftar Forbes Global 2000. Pada tahun 2013, bertambah menjadi 75 perusahaan. Sementara, 227 perusahaan dunia dengan nilai pendapatan lebih dari 1 Miliar US berada di ASEAN.

7. Kekuatan Ekonomi ASEAN diprediksi bisa mencapai peringkat empat dunia

Total Gross Domestic Product (GDP) setiap negara ASEAN jika digabungkan, berada di peringkat 7 dunia, senilai 2,7 Triliun USD (Data tahun 2017). Tahun 2030 mendatang, nikao ekonomi itu diprediksi meningkat menjadi 8,1 Triliun USD dan menempati posisi ke-4 setelah Tiongkok, India dan Uni Eropa.

8. Empat negara ASEAN merupakan negara produsen ikan terbesar dunia

Indonesia, Thailand, Vietnam dan Filipina menjadi 4 negara yang masuk dalam daftar 10 produsen ikan terbesar di dunia. Sebagaimana diketahui, keempat negara tersebut masuk dalam anggota ASEAN.

Itu tadi 8 fakta menarik seputar ASEAN. Semoga bermanfaat. Selamat Hari Jadi ke-52 untuk ASEAN. (bel/may)