Keistimewaan Puasa Tarwiyah-Arafah

2437

Pasuruan (Wartabromo.com) – Hari ini, umat sebagian umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah). Puasa ini merupakan salah satu ibadah anjuran bagi umat muslim, yang tidak menunaikan ibadah haji.

Sebenarnya, apa saja keutamaan puasa di hari ke-8 bulan Dzulhijjah ini?

Dihimpun dari berbagai sumber, puasa Tarwiyah bisa menghapuskan dosa satu tahun lalu. Selain itu, bagi yang menjalankannya akan mendapatkan berkah hidup dan amal ibadah yang berlipat ganda. Bahkan Allah SWT menyiapkan pahala khusus yang hanya diketahui oleh Nya.

Tepat di hari ini, Jumat (9/8/2019), jamaah haji sedang persiapan menuju Padang Arafah. Nah, esok hari barulah para jamaah haji melaksanakan wukuf di Arafah, 9 Dzulhijjah, Sabtu (10/8/2019). Pada hari itu dianjurkan untuk puasa Arafah.

Sekadar diketahui, kedua hari tersebut merupakan puncak ibadah haji. Oleh karenanya, para umat muslim yang tidak sedang berhaji disunnahkan menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah sebelum Idul Adha.

Barangsiapa yang menjalankan ibadah puasa Arafah, Allah akan mengampuni dosa tahun lalu dan dijaga untuk tidak melakukan dosa/maksiat di tahun mendatang. Puasa sunah ini juga bisa melipatgandakan pahala.

Jadi, meskipun kedua amalan itu hukumnya sunah, tetapi keduanya merupakan ibadah istimewa bagi umat islam.

Selamat menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah bagi yang menjalankan. (bel/may)