Ini Keistimewaan Puasa Tasu’a Asyura

2257

Pasuruan (wartabromo.com) – Minggu lalu, umat Islam memperingati tahun baru 1 Muharram 1441 H. Bulan pertama tahun hijriah itu menjadi bulan yang penting dan suci bagi umat Islam.

Nah, di bulan istimewa ini umat Islam disunnahkan memperbanyak amalan, salah satunya puasa. Puasa yang disunahkan yakni puasa Tasu’a, 9 Muharram (Senin, 9/9/2019) dan puasa Asyura 10 Muharram (Selasa, 10/9/2019). Karena hukumnya sunnah, sudah dipastikan ada keistimewaan dibalik 2 puasa itu.

Dikutip dari berbagai sumber, puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun lalu. Rasulullah SAW bersabda, sebelum puasa Asyura, sebaiknya dilengkapi dengan puasa Tasu’a, sehari sebelumnya. Ini menjadi syarat agar tak menyamai puasa orang Yahudi dan Nasrani.

Selanjutnya, puasa di hari ke-9 dan 10 Muharram ini memiliki keistimewaan nilai. Bagaimana tidak, keduanya termasuk puasa paling mulia setelah puasa wajib, Ramadhan.

Bukan hanya itu, puasa di bulan Muharram juga untuk meneladani Nabi Harun, Nabi Musa dan Nabi Muhammad SAW yang juga menunaikan puasa di hari Asyura.

Satu lagi yang tak kalah penting, sebagaimana diketahui, selama puasa harus bisa menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Begitu pula puasa Muharram, menjadi sarana latihan melatih emosi, menahan hawa nafsu dan godaan lainnya.

Selamat menjalankan ibadah puasa Tasu’a dan Asyura bagi yang menjalankan. (bel/may)