Jalur Pendakian Semeru Ditutup Total

630
Kebakaran di Ranu Kumbolo. Foto : Saverindo

Lumajang (WartaBromo.com) – Jalur pendakian Gunung Semeru ditutup total. Ini lantaran kebakaran hutan di jalur pendakian Semeru semakin meluas.

John Kenedie, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengatakan, kebakaran hutan di Gunung Semeru terus meluas.

“Berdasarkan laporan petugas lapangan TNBTS bersama tim gabungan pemadaman, kondisi kebakaran hutan telah mencapai ranu kumbolo,” ujarnya pada Minggu (22/9/2019).

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka kegiatan pendakian Gunung Semeru ditutup total. Petugas pun berupaya mengevakuasi seluruh pendaki yang tersisa di Ranu Kumbolo.

“Balai Besar TNBTS menutup kegiatan pendakian Gunung Semeru secara total, sejak tanggal 22 September 2019, sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan,” lanjutnya.

Kebakaran Jalur pendakian Semeru. Foto : Saverindo

Menurut informasi yang didapatkan wartabromo, masih terlihat api kecil di jalur puncak menuju pendakian. Petugas juga berupaya untuk memadamkan api. Sementara abu yang ada di hutan tersebut juga masih panas. Tim evakuasi menyebut masih ada potensi kebakaran lagi.

Diberitakan sebelumnya Jalur pendakian Gunung Semeru sempat ditutup pada Kamis (19/9/2019). Para wisatawan hanya boleh mendaki sampai Ranu Kumbolo, sebelum akhirnya pemberitahuan ini dicabut dengan penutupan total jalur pendakian. (may/ono)