Apa itu Hari Guru Sedunia?

3113

Pasuruan (Wartabromo.com) – Hari Guru Sedunia ditetapkan 5 Oktober. Penetapan ini merupakan apresiasi terhadap pendidik di dunia, sejak 25 tahun silam.

Dikutip dari grid.id, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang peringatan Hari Guru Sedunia. Yuk simak ulasannya!

Apa itu Hari Guru Sedunia?

Peringatan tahunan ini diperingati mulai tahun 1994 silam. Bertepatan dengan penandatanganan dokumen penting UNESCO terkait status guru di dunia.

Dokumen tersebut menjelaskan tentang standar perekrutan dan pelatihan guru di seluruh dunia. Isi dokumen itu juga menginginkan pekerjaan dan kondisi kerja guru di dunia dapat diadvokasi.

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, Hari Guru Sedunia merupakan peringatan tahunan untuk memberikan apresiasi dan penghormatan kepada guru. Terutama memberi tahu kepada khalayak tentang isu-isu terkait dunia pendidikan.

Baca Juga :   Tips Memilih Kampus dan Jurusan yang Tepat

Biasanya, ketika peringatan Hari Guru Sedunia, para orangtua dan murid berbondong-bondong mencari hadiah untuk diberikan kepada guru.
Berbagai benda sederhana seperti mug, coklat, buku atau tas biasanya menjadi pilihan.

Bukan hanya itu, perayaan Hari Guru Sedunia juga dapat diperingati dengan melakukan kegiatan menyenangkan. Di antaranya menggelar pertunjukan di sekolah, bermain game, piknik, atau hanya sekadar mengucapkan terima kasih kepada guru.

Bagaimana, di Hari Guru Sedunia kali ini, apa yang akan kalian lakukan? (bel/ono)