Yuk Kenali Peranan Pohon Bagi Kehidupan!

265

Pasuruan (Wartabromo.com) – Setiap 28 November, senantiasa diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Peringatan ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk memulihkan penghijauan melalui kegiatan menanam.

Ya, layaknya makhluk sosial, manusia tentunya tak bisa hidup sendiri. Selain berinteraksi dengan manusia lain, juga berdampingan dengan alam sebagai penyedia sumber daya. Apabila manusia memperlakukan alam dengan baik, tentunya hal baik juga akan dirasakan oleh manusia.

Contohnya saja, ketika orang beramai-ramai menggunduli hutan, yang terjadi adalah bencana. Banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Sebaliknya, ketika manusia merawat dan menjaga hijaunya pepohonan, lingkungan akan tampak sehat, oksigen melimpah hingga dapat meminimalisir terjadinya bencana.

Sebagaimana diketahui, pohon memang berperan penting bagi kehidupan manusia. Nah, di hari yang spesial ini, Wartabromo merangkum fakta penting peran pohon yang dikutip dari Quipper. Berikut deretan faktanya:

1. Polusi suara dapat berkurang mencapai 50% pada radius lebih kurang 30 meter dari pepohonan;

2. Setiap luasan 1 kmĀ², merupakan rumah bagi leboh dari 1.000 spesies liar di hutan;

3. Dua pohon besar, ternyata mampu menyuplai oksigen untuk 1 orang selama satu tahun;

4. Dalam satu hari, sebuah pohon besar dapat menyerap hingga 100 galon air dan melepaskannya dalam bentuk uap air. Sehingga, membuat area sekitar menjadi sejuk;

5. Dalam kurun waktu setahun, pohon setinggi 30 meter dapat menyerap Karbondioksida seberat 22,7 kilogram. Angka ini setara dengan jumlah gas yang dikeluarkan mobil setelah berjalan sejauh 41.500 kilometer;

6. Wilayah dengan pepohonan rimbun, jumlah kriminalitasnya cenderung rendah;

7. Nilai tes pelajar yang memiliki ruang kelas dengan pemandangan pohon di luar jendela, lebih tinggi;

8. Adanya pemandangan pepohonan di area rumah sakit, membuat 8% pasien lebih cepat sembuh.

Sayangnya, banyak yang tak menyadari peranan penting pohon. Faktanya, hampir 60% kebakaran hutan, disebabkan oleh manusia.

Fakta yang lebih mengejutkan, setiap 2 detik, manusia merusak hutan seluas lapangan sepak bola. Jika sudah begitu, hutan hujan akan menghilang dalam kurun waktu 100 tahun.

Waduh, jangan sampai itu terjadi ya bolo! (bel/may)