Diduga karena Limbah, Air Sungai Ini Jadi Merah Darah

472

Pandaan (WartaBromo.com)- Pemandangan tak biasa tersaji di Kali Jogonalan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pasalnya, sungai yang terhubung dengan Kedunglarangan itu tiba-tiba terlihat memerah.

Tak pelak, pemandangan itu menarik perhatian warga sekitar. Tak terkecuali para siswa SD Inovatif Maarif, Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan.

“Opoo Mbak,” tanya Arif, salah satu siswa kepada WartaBromo.com yang mengambil gambar di lokasi. Dikatakannya, kondisi sungai yang memerah itu sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Penjelasan yang disampaikan Sueb, warga setempat selanjutnya didapatkan. Menurutnya, praktik pembuangan limbah cair dari salah satu pabrik benang diduga menjadi penyebabnya.

“Kan itu limbah dari pabrik sana (menunjuk, seolah memberi isyarat lokasi pabrik itu berada. Sudah lama ini,” kata Sueb saat ditemui di lokasi.

Untuk memastikannya, WartaBromo.com berusaha mencari tahu sumber aliran yang membuat kondisi sungai Jogonalan itu memerah. Hasilnya, dugaan bahwa cairan itu berasal dari salah satu perusahaan benar adanya.

Pasalnya, setelah ditelusuri, aliran tersebut berasal dari saluran gorong-gorong yang terhubung lokasi pabrik di Lingkungan Kluncing, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan.

Hanya, perusahaan mana yang membuangnya, WartaBromo.com kesulitan lantaran akses yang terhalang bangunan rumah warga.

Terkait hal ini, Balai Penegakkan Hukum (Gakkum) KLHK wilayah II berjanji menindaklanjuti temuan tersebut. “Nanti kami siapkan tim untuk mengecek ke lokasi,” terang Kepala Gakkum wilayah II KLHK, M. Nur. (trn/asd)