Waspadai Exit Tol Paspro dan Pantai Bohay Saat Nataru

1443

Probolinggo (wartabromo.com) – Polres Probolinggo mewaspadai peningkatan arus lalulintas saat perayaan natal dan tahun baru (Nataru). Utamanya di exit Probolinggo Timur tol Paspro di Kecamatan Leces dan pintu masuk Pantai Bohay Kecamatan Paiton.

Kapolres Probolinggo, AKBP. Eddwi Kurniyanto mengatakan arus lalu lintas di exit tol Paspro yang berada di Leces, menjadi perhatian Komisi V DPR RI. Dimana, pada Nataru tahun lalu dan libur lebaran 2019, terjadi kemacetan luar biasa.

Karena itu, pihaknya mengundang para pengambil kebijakan untuk mencari solusi, agar potensi kemacetan tersebut dapat dikurangi.

“Untuk exit tol Leces, kita buatkan rekayasa yang mengarah ke Lumajang dan Jember untuk keluar di exit tol Probolinggo Barat, agar tidak menumpuk di Leces,” ujarnya saat Rakor Ops. Lilin Semeru 2019 di ruang Rupatama Parama Sartika Mapolres Probolinggo, Selasa, 17 Desember 2019.

Selain rekayasa, Polres Probolinggo juga berupaya berkirim surat ke Google. Sebab, dalam Google Maps ada petunjuk jalan yang membingungkan pengguna jalan.

Selepas exit tol Leces, mereka yang hendak ke Situbondo, ternyata belok kanan di kebun mangga Borongan, menuju dan keluar rawon Sinto Desa Tamansari, Kecamatan Dringu. Padahal seharusnya lurus ke perempatan Randu Pangger, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Bayangan, Kota Probolinggo.

Begitu sebaliknya, yang dari arah Situbondo menuju Surabaya, masuk lewat pertelon Sinto, bukannya ke arah perempatan Randu Pangger. Sehingga terjadilah kemacetan di ruas jalan kabupaten ini. Sebab, antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan tidak imbang.

“Kita lobi-lobi ke pihak Google, apakah petunjuk di map tersebut bisa diubah,” lanjutnya.

Selain exit Leces, Polres Probolinggo juga mewaspadai padatnya lalu lintas di dekat Pantai Bohay Desa Binor, Kecamatan Paiton. Pantai yang lagi naik daun ini, letaknya persis di sisi utara jalur Pantura Probolinggo-Banyuwangi.

“Kita waspadai arus di obyek ini, aksesnya langsung ke pantura serta ada arus dari puncak di atas PLTU Paiton,” tambah Kasatlantas setempat, AKP. Purwanto Sigit Raharjo.

Untuk antisipasi Nataru, Satlantas Polres Probolinggo bersama instansi terkait akan mendirikan 3 pos pengamanan, yakni di Paiton, Kraksaan dan Leces. Sementara pos pelayanan didirikan di area Pantai Bentar, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending. Keempat pos itu, akan mulai didirikan pada 19 Desember mendatang. (saw/saw)