Hari Ini, 158 Desa di Lumajang Pilih Kades

3834

Lumajang (WartaBromo.com) – Hari ini, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak digelar di Lumajang. Pesta demokrasi ini dilakukan oleh 158 desa di Lumajang.

Sejak pagi, warga sudah mulai melakukan pencoblosan di masing-masing tempat pemungutan suara. Pemilihan telah dilakukan sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi dan diperkirakan rampung pukul 13.00 WIB.

Setidaknya ada 3.555 personel polisi yang diterjunkan untuk pengamanan Pilkades tahun ini. mulai dari kepolisian, linmas hingga TNI.

Sebelum Pilkades, beberapa persoalan sempat timbul diantaranya memanasnya situasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Proses pemilihan sempat akan ditunda oleh Bupati Lumajang. Namun akhirnya pernyataan tersebut dicabut kembali setelah situasi kondusif.

Pilkades Lumajang. Foto : M. Ali Ridho 

“Saya, pak Kapolres dan Pak Dandim akan terus memantau dan stand by langsung ke desa-desa. Dan kami pastikan aman terkendali,” ujarnya Rabu (18/12/2019).

Baca Juga :   Warga Temukan Buaya di Sungai Bakalan Purwosari hingga Tanggapan TNBTS Soal Pengelolaan Sampah Bromo | Koran Online 1 Maret

Hal lain, setidaknya ada 2 desa di Lumajang yang menggelar Pilkades dengan e-voting. Keduanya yakni Desa Sumber Kemuning, Kecamatan Senduro dan Desa Kebonsari, Kecamatan Yosowilangun.

Kedua desa tersebut dinilai telah siap untuk melakukan e-voting. Sebelum nantinya akan bisa diterapkan di desa lain di Lumajang. (may/ono)