Ada Gerhana Matahari Cincin, Begini Prakiraan Cuaca di Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang

4053

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hari ini, Kamis (26/12/2019), warga Pasuruan hingga Lumajang bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin. Tapi, patut disimak prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada momen istimewa ini.

Dalam rilisnya, BMKG Juanda mengungkap sebagian besar wilayah Jawa Timur bakal diguyur hujan dengan intensitas beragam. Tak terkecuali Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang, yang diprakirakan diguyur hujan pada siang hari.

“Hujannya masih belum merata. Masih berpotensi angin kencang, puting beliung dan hujan es,” jelas BMKG.

Lebih lanjut dijelaskan, pada pagi hari, cuaca di Kota dan Kabupaten Pasuruan diprediksi bakal cerah. Barulah pada siang hari, hujan lokal mengguyur di dua daerah tersebut.

Baca Juga :   Siapkan Paket Ekonomi, Pemkab Pasuruan Mulai Data Warga Terdampak Korona

Sementara di Kota dan Kabupaten Probolinggo, pada pagi hari juga diperkirakan cerah. Namun pada siang hari, Kabupaten Probolinggo diprediksi bakal hujan disertai petir. Sedangkan di Kota Probolinggo BMKG memperkirakan digelayuti awan.

Terakhir di Kabupaten Lumajang, cuaca pada pagi hari yakni udara kabur. Lalu menjelang siang, hujan memprakirakan bakal mengguyur Lumajang.

Soal hujan disertai angin sebagaimana prakiraan BMKG ini apakah menganggu pengamatan gerhana matahari cincin hari ini? Sepertinya masih membutuhkan penjelasan dari Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (LAPAN). (may/ono)