Wisatawan Penuhi Tretes, Polisi Siapkan 3 Kantong Parkir

2203

Prigen (WartaBromo.com) – Kawasan puncak Tretes sepertinya tetap menjadi salah satu lokasi favorit merayakan moment pergantian tahun. Makin malam, pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini kian ramai.

Tak hanya roda empat. Iring-iringan roda dua terus mengalir dari arah Pandaan menuju lokasi yang berada di kaki Gunung Arjuno-Welirang ini. Tak jarang, kemacetan terjadi di beberapa titik.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan lebih parah, polisi menyiapkan sejumlah tempat kantong parkir kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat.

“Volume kendaraan sakin bertambah, sedangkan lebar jalan masih tetap sama,” ungkap Kompol Subadar, Kabag Ops Polres Pasuruan, Selasa (31/12/2019).

Kabag Ops mengatakan, setidaknya ada tiga lokasi yang telah disiapkan untuk parkir pengunjung. Masing-masing ada di dekat Hotel Liemas, area parkir air terjun Kakek Bodo.

Satu kantong parkir lainnya di pintu masuk pendakian di depan Hotel Tanjung. “Untuk selanjutnya pengunnung bisa jalan kaki atau ngojek ke tempat tujuan,” ungkapnya.

“Selain itu, agar motor tidak parkir sembarang kami memasang penghalang di pinggir jalan,” pungkas Kabag Ops Polres Pasuruan ini.

Selama ini kawasan Tretes memang menjadi salah satu destinasi untuk merayakan moment pergantian tahun. Selain hawa nan sejuk serta panoramanya yang menarik, nyala kembang api dari hotel-hotel di Tretes acapkali menjadi magnet wisatawan untuk datang.

Nur, salah satu wisawan kepada WartaBromo.com mengaku sengaja datang bersama keluarganya untuk berlibur di Tretes. “Biasanya kan meriah banyak kembang apinya,” ujarnya. (trn/asd)