Lima Kecamatan di Probolinggo Dilanda Cuaca Ekstrem

1502

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejumlah kawasan di Kabupaten Probolinggo dilanda angin kencang pada Jumat malam, 3 Januari 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, mencatat ada 5 Kecamatan yang dilanda cuaca ekstrem.

Dari data yang masuk ke Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS PB), cuaca ekstrem menimpa 5 kecamatan. Sedikitnya ada 11 desa di 5 kecamatan itu, yang terdampak. Yakni Desa Curahtulis, Kecamatan Tongas; Desa Pajarakan Kulon, Kecamatan Pajarakan; dan Desa Plampang, Kecamatan Paiton.

Kemudian Desa Sentong, Desa Dawuhan dan Jati Urip, Kecamatan Krejengan. Serta Desa Kregenan, Desa Asem Bakor, Desa Rondo Kuning, Desa Bulu dan Desa Alas Sumur Kulon, Kecamatan Kraksaan.

“Telah terjadi hujan intensitas ringan hingga deras di sertai angin kencang mulai pukul 16.00. Mengakibatkan pohon tumbang menutupi sebagian jalan dan jatuh mengenai rumah warga di beberapa wilayah Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala Pelaksana BPBD setempat, Anggit Hermanuadi pada Sabtu pagi, 4 Januari 2020.

Baca Juga :   Siasat Santri Genggong saat Hand Sanitizer Langka

BPBD menurut Anggit kemudian mengirim tim reaksi cepat (TRC) ke sejumlah lokasi. Utamanya menuju pohon tumbang yang menutup akses jalan. Seperti di jalur pantura Probolinggo-Situbondo ruas Desa Asem Bakor.

“TRC melakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang. Perkembangan akan disampaikan pada laporan berikutnya,” tandas Anggit. (cho/saw)