Reservoir Pleret 2 Diyakini jadi Solusi Kesulitan Pelanggan PDAM Kota Pasuruan

570

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ground reservoir Pleret 2 di Kelurahan Tambaan, Panggungrejo, Kota Pasuruan siap diuji coba bulan ini. Proyek ini ditargetkan dapat membantu suplai air ke ribuan pelanggan PDAM Kota Pasuruan.

Selama ini sebelum adanya Ground Reservoir Pleret 2, PDAM mengandalkan sumur yang berada di Pleret, Kecepatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. Dengan sumur ini, PDAM menyuplai air kepada 21 ribu pelanggan seluruh Kota Pasuruan.

Permasalahan yang kerap terjadi adalah wilayah Kota Pasuruan bagian utara seringkali macet.

Kabid Teknik PDAM Kota Pasuruan Khairul Anwar kepada WartaBromo kemarin menjelaskan, hal itu disebabkan salah satunya pipa air yang bocor.

Pipa air milik PDAM Kota Pasuruan menurutnya perlu peremajaan. Banyak pipa-pipa yang usianya puluhan tahun dan ketika mengalami tekanan besar, pipa tersebut rentan jebol.

Selain pipa, kendala macetnya air di Kota Pasuruan wilayah utara adalah debit air yang turun akibat musim kemarau panjang beberapa waktu lalu. Akibatnya sumur di Pleret kering.

Keberadaan Ground Reservoir Pleret 2 diyakini dapat memenuhi suplai air di Kota Pasuruan wilayah utara. Bulan ini, air akan diuji coba mengalir ke rumah warga.

Khairul menyebut, ada sekitar 3 ribu pelanggan PDAM di Kota Pasuruan wilayah utara yang rumahnya akan dipasok air dari Grand Reservoir Pleret 2 ini.

“Target 4 tahun ke depan, 8 ribu pelanggan baru,” imbuh Khairul. (tof/ono)