Pemerintah Siapkan Buat Sudetan Kali Welang

901

Pasuruan (WartaBromo.com)- Pemerintah merencanakan membuat sudetan (terusan) Kali Welang yang kerap menjadi pemicu banjir di wilayah Kraton dan sekitarnya.

Untuk keperluan itu, total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 346 miliar lebih. “Sumber dana dari APBN,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Misbah Zunib, akhir pekan lalu.

Misbah mengatakan, pembuatan sudetan tersebut merupakan bagian dari rencana pemerintah pusat dalam menanggulangi banjir di wilayah Kraton akibat luapan Kali Welang.

Dikatakan Misbah, ada dua program kegiatan yang disusun untuk mengatasi banjir di Kraton. Yakni, pembuatan sudetan dengan estimasi biasa sebesar Rp 211,90 miliar.

Satu kegiatan lainnya adalah pembuatan longestrorage di sejumlah titik. Untuk kegiatan kedua ini, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 135 miliar.

Menurut Misbah, saat ini, kedua kegiatan tersebut masih dalam tahap perencanaan. “Karena sepertinya memang ada beberapa perubahan. Jadi, sementara masih finalisasi,” jelas pejabat asal Gresik ini.

Dijelaskan Misbah, kedua program tersebut merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan serupa di Kali Welang. Pasalnya, keberadaan sungai yang berhulu di wilayah Purwodadi itu acapkali menjadi penyebab banjir hingga membuat jalur pantura tutup.

Untuk mengatasi hal itu, tahun lalu juga telah dilakukan normalisasi di beberapa titik. “Nah ini kelanjutan dari kegiatan sebelumnya,” jelas Misbah.

Pemerintah daerah, kata Misbah, bertugas untuk membantu kelancaran program tersebut. Misalnya, terkait rencana pembuatan longestrorage, jika itu jadi dilakukan, maka pihaknya bertugas melakukan sosialisasi kepada warga sekitar. (tof/asd)