Deretan Dessert Ini, Bahan Dasarnya Tahu Lho!

1152

Pasuruan (Wartabromo.com) – Tahu, dikenal menjadi salah satu menu pembuka atau menu utama. Ternyata, sekarang, tahu juga bisa diolah jadi minuman, bahkan dessert lho.

Yuk intip apa saja menunya!

1. Tahwa

Mengutip detikfood, olahan tahu satu ini memiliki tekstur lembut. Bahkan ada yang menyebutnya dengan puding tahu. Panganan ini mulanya populer di Cina Selatan.

Kini, sudah banyak ditemukan di Indonesia. Masyarakat Indonesia menyebutnya kembang tahu atau wedang tahu. Disebut wedang karena disajikan dalam keadaan hangat khas wedang.

Jika orang cina menyajikan dengan kuah manis dan gurih, berbeda dengan kembang tahu Indonesia. Kembang tahu disajikan dengan sirup jahe yang ditambahkan daun pandan. Macam-macam topping juga bisa ditambahkan, seperti kacang tanah, pasta kacang hijau, atau cakwe.

2. Air Tahu

Air tahu yang dimaksud adalah susu kedelai. Sebutan ini disematkan oleh masyarakat Sulawesi. Minuman tradisional ini merupakan salah satu pilihan pengganti susu sapi.

Campuran dari air tahu ini hanya kedelai dan sedikit gula. Karena dibuat secara alami, air tahu biasanya tidak bertahan lama. Air tahu hanya bisa bertahan 4-5 jam dalam suhu ruang. Jadi jika sudah dibuat, harus segera dikonsumsi.

3. Milkshake tahu

Tahu dibuat milkshake? Gimana jadinya?

Biasanya milkshake terbuat dari campuran susu, buah atau bahan manis lain. Tapi, komposisi milkshake satu ini sedikit berbeda.

Bahan-bahannya antara lain tahu sutra, susu dan bahan campuran lain. Bisa buah, cokelat atau bubuk matcha, sesuai selera. Adanya tambahan tahu, membuat konsistensi milkshake menjadi lebih kental dan creamy.

Milkshake tahu juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Tak ayal, minuman satu jni bisa jadi alternatif bagi para vegetarian. Caranya mudah, cukup ganti susu sapi dengan susu kedelai. Selain itu, milkshake tahu juga mengenyangkan. Sangat cocok jadi menu diet.

4. Smoothie tahu

Jika sebelumnya ada milkshake tahu, ada lagi olahan tahu modern, yakni smoothie tahu. Tahu juga bisa ditambahkan dalam racikan smoothie lho.

Tahu yang bisa kalian pilih adalah tahu sutra atau tagu susu. Pasalnya, kedua jenis tahu ini memiliki tekstur lembut dan creamy. Jadi, sangat pas apabila ditambahkan ke dalam smoothie.

Selain tahu, jangan lupa aneka buah segar seperti mangga, aneka berry atau alpukat. Sebagai pemanis tambahkan susu atau sirup maple secukupnya. Es batu jangan sampai ketinggalan untun sensasi segar. Jika ingin smoothie yang lebih berwarna, aneka topping kacang dan biji-bijian kaya serat bisa dililih.

Tertarik mencoba? (bel/may)