Hujan Lebat, Longsor Timbun Rumah hingga Tutup Jalan di Tosari

689

Tosari (WartaBromo.com) – Hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan Senin (02/03/2020). Dilaporkan 5 titik dataran pegunungan ini mengalami longsor.

Kelima titik itu berada di jalan provinsi yang menghubungkan Desa Baledono dan Desa Tosari; Dusun Purwono, Desa Baledono; Desa Podokoyo; rest area di Desa Tosari; dan di Desa Sedaeng.

Camat Tosari Hari Hijroh mengatakan longsor ini terjadi setelah hujan deras mengguyur sejak pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB di seluruh wilayah Kecamatan Tosari.

Setelah itu longsor terjadi secara bersamaan di lima titik tersebut. Longsor di Desa Baledono menimpa rumah warga bernama Wagimin. Dinding dan atap rumahnya rusak tertimpa tanah dan bebatuan.

“Kami bersama BPBD sudah memberi bantuan terpal dan sejumlah peralatan memasak,” ujar Hari.

Selain itu, salah satu yang cukup parah, menurut Hari, adalah longsoran di Desa Sedaeng dengan volume longsor, panjang: 8 meter, tinggi: 6 meter, tebal: 1 meter, dan lebar: 2 meter.

Akibat longsor ini, akses jalan Desa Wonokitri menuju Desa Sedaeng untuk kendaraan bermotor tertutup total.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD dan Bina Marga kabupaten. Karena saat ini di sini masih hujan dan jalan lebat, maka alat berat besok dinaikkan jam 07.00,” ujar Hari. (tof/ono)