Peringati Hari Jadi Kota Pasuruan, Ratusan Peserta Ikuti Lomba Musik Tradisional

2781

Pasuruan (wartabromo.com) – Ratusan peserta dari 34 kelurahan di Kota Pasuruan mengikuti lomba festival kolaborasi seni musik tradisional, Selasa (3/03/2020). Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian hari jadi Kota Pasuruan ke-334.

Dengan memakai kostum tradisional, sebanyak 510 peserta dari 15 orang perwakilan tiap kelurahan menampilkan seni musik dengan nuansa tradisonal di Taman Kota Pasuruan.

Hari ulang tahun Kota Pasuruan menjadi semangat tersendiri untuk para peserta. Alunan musik tradisional dengan alat mulai rebana, lesung dan gamelan menjadi ciri khas bahwa budaya di Kota Pasuruan mengalun indah.

Lomba festival musik tradisional itu mendatangkan juri profesional, yakni Tri Broto Wibisono, Maestro Kesenian Jawa Timur; Yuddan Fijar Sugma Timur, Seniman Jawa Timur dan Catur Fredy Wiyogo, Seniman asal Pasuruan.

Baca Juga :   Saat Ketua Dewan Jelajahi Ruang Perawatan Covid-19 RSUD Bangil

Siti Zuniati, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan mengatakan, di era milenial ini budaya di Kota Pasuruan harus tetap di lestarikan agar bisa berkembang dikancah nasional maupun internasional.

“Era digital ini sangat mempengaruhi masyarakat, jadi seni dan budaya musik ini harus terus dilestarikan,” kata Zuniati saat memberikan sambutan di festival musik tersebut.

Selain itu, pemahaman masyarakat untuk mencintai seni dan budaya di Kota Pasuruan ini sangat diperlukan, agar budaya itu sendiri bisa bersaing di era milinial.

“Supaya bisa bersaing di era milenial ini,” ujar Zuniati.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sheila Dwi Cantika, peserta dari Kelurahan Karanganyar. Ia mengatakan, kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk lebih mencintai budaya yang ada di Kota Pasuruan.

Baca Juga :   Pria Gempol ini Diserang, Tewas Kena Tusuk Sajam

“Sangat bangga ada kegiatan seperti ini, agar masyarakat lebih mencintai musik tradisional di Kota Pasuruan,” tutur Sheila kepada wartabromo.com.

Tak hanya festival musik tradisional, festival tari juga digelar besok, dengan 310 peserta se-Kota Pasuruan.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Camat, Kepala Sekolah, Forkopinda Kota Pasuruan dan ratusan penonton dalam gelaran acara tersebut. (don/**)