Corona Tak Ngefek, Masjid Agung Al-Anwar Dipadati Ribuan Jemaah Salat Jumat

2927

Pasuruan (wartabromo.com) – Beberapa masjid di Indonesia meniadakan salat Jumat untuk antisipasi corona. Namun masjid Agung Al-Anwar tetap melaksanakan seperti biasa, bahkan dipadati ribuan jemaah.

Kapasitas masjid yang mencapai 4-5 ribu jemaah itu tetap dipadati hingga meluber sampai alun-alun Kota Pasuruan. Jemaah pun terlihat khusyuk melaksanakan ibadah salat Jumat ini.

Kondisi demikian, sebenarnya mirip dengan hari Jumat sebelumnya, meski bila dicermati, terdapat sedikit pengurangan jumlah.

Rosman Ariansyah, salah satu jemaah mengatakan, tetap mengambil pilihan untuk melakukan salat Jumat di masjid. Ia juga mengungkapkan, jemaah yang hadir tak terlihat memakai masker, seperti tak terpengaruh dengan isu wabah virus corona.

“Yah tetap salat Jumat seperti biasanya, walaupun jemaah berkurang sedikit,” ujar Rosman kepada wartabromo.com.

Baca Juga :   Edarkan Sabu dan 68 Ribu Pil Dextro, Pemuda Asal Lekok Diciduk Polisi

Sementara itu, Sidiq Bin Sholeh, Pengasuh Pondok Pesantren Arghob yang berada di Jalan Kh. Abdul Hamid Kota Pasuruan juga terlihat mengikuti ibadah di masjid Agung Al-Anwar ini. Ia kemudian menanggapi merebaknya virus corona di Indonesia.

“Sebagai masyarakat harus tetap waspada, tapi kan juga tidak terlalu berlebihan,” katanya.

Masih kata Gus Sidiq -panggilan akrabnya-, kondisi di Jawa Timur khususnya Pasuruan sejauh ini masih dinilai aman. Terkecuali di wilayah lain seperti DKI Jakarta. Jika saja nantinya kondisi di Kota Pasuruan ini sama mengkhawatirkannya dengan Jakarta, menurutnya dimungkinkan tokoh-tokoh agama akan perpendapat sama dengan DKI Jakarta, meniadakan salat Jumat dan aktivitas ibadah berjemaah lainnya

“Mungkin tokoh-tokoh agama juga akan berembuk salat Jumat dan seterusnya bisa diliburkan,” terang Sidiq.

Baca Juga :   Ini Kelebihan dan Kekurangan Masker Kain

Diketahui, pagi tadi masjid Agung Al-Anwar Kota Pasuruan sudah disemprot disinfektan. Penyemprotan ini upaya untuk sterilisasi fasilitas umum supaya terbebas dari bakteri, kuman, maupun virus. (don/may)