Kerajaan Arab Saudi Minta Umat Islam Tunda Rencana Ibadah Haji

24090
Kakbah di Makkah. (Sumber foto: Hipwee)

Jakarta (WartaBromo.com) – Kerajaan Arab Saudi meminta umat Islam menunda rencana untuk ibadah haji tahun ini. Sebab, pandemi corona masih menghantui.

Menteri Haji Arab Saudi, Mohammad Banten mengatakan, pihak Kerajaan sudah siap setiap tahunnya untuk menyambut calon jamaah haji. Namun tahun ini, virus corona jadi pertimbangan.

“Kerajaan merasa terpanggil untuk melindungi kesehatan umat Islam dan oleh karena itu kami telah meminta umat Muslim di semua negara untuk menunda rencana menunaikan ibadah haji sampai situasinya jelas,” jelasnya dinukil dari CNN.

Sedianya ibadah haji tahun ini dimulai pada akhir Juli. Ada sekitar 2,5 juta umat muslim di seluruh dunia tiap tahunnya yang beribadah ke tanah suci.

Namun, sejak wabah corona menyerang berbagai Negara, Arab Saudi mulai melarang ibadah umrah. Semua penerbangan menuju Makkah, Madinah dan Riyadh dan Jeddah diblokir untuk sementara.

Sampai saat in sudah ada1.563 kasus corona di Arab Saudi. 10 di antaranya meninggal dunia, dan 165 lainnya dinyatakan sembuh. (may/ono)