Gelar Musrenbang via Teleconference, Ini Prioritas Pembangunan Kota Pasuruan di Tahun 2021

1467

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bapelitbangda Kota Pasuruan menggelar Musrenbang RKPD Kota Pasuruan 2021 via teleconference. Ada 5 hal yang menjadi prioritas pembangunan Kota Pasuruan di tahun 2021.

Acara ini digelar di Hotel BJ Perdana, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Rabu (08/04/2020) dengan diikuti perwakilan OPD seluruh Kota Pasuruan.

Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo dalam sambutannya memaparkan sejumlah kinerja Pemkot Pasuruan di beberapa bidang seperti pembangunan fisik, pendidikan, dan kesehatan.

Ke depan, untuk memacu pertumbuhan ekonomi, Pemkot menggagas beberapa program strategis antara lain, menuntaskan peninjauan kembali RTRW, pembangunan TPI, pembangunan jalan lingkar utara (JLU), hingga revitalisasi pasar tradisional dan pasar mebel.

“Harapannya, Usaha Mikro sebagai pelaku ekonomi rakyat dapat lebih berperan dalam perekonomian Kota Pasuruan, serta investasi lebih banyak masuk ke Kota Pasuruan,” ujar Teno.

Baca Juga :   Pjs. Wali Kota Pasuruan: Seluruh PNS Wajib Menolak Gratifikasi dan Pungli

Sementara untuk prioritas pembangunan 2021, ada 5 hal yang dirumuskan Pemkot Pasuruan. Pertama, pembangunan SDM berkualitas dan berdaya saing. Hal ini menyangkut peningkatan kelayakan sarana prasarana pendidikan hingga penguatan bantuan sosial untuk kesejahteraan.

Kedua, peningkatan peran budaya dan pemuda sebagai katalisator harmoni sosial. Hal ini menyangkut pengembangan kerja sama dengan pemilik cagar budaya hingga revitalisasi peran dan kelembagaan pemuda, khususnya karang taruna.

Ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi berbasis daya saing dan kreativitas. Hal ini menyangkut peningkatan keterampilan wirausaha, khususnya yang berbasis start up hingga perbaikan kualitas ekosistem sungai, pesisir, dan laut, utamanya di wilayah Kelurahan Kepel dan Blandongan.

Keempat, peningkatan konektivitas dan pengembangan kawasan yang berkelanjutan. Hal ini menyangkut penuntasan pembebasan tanah untuk JLU hingga revitalisasi daerah aliran 3 sungai besar yang mengalir di Kota Pasuruan.

Baca Juga :   Rawan Banjir, Jalur KA Pasuruan - Bangil Diperbaiki Jelang Arus Mudik

Kelima, penguatan integritas birokrasi. Hal ini menyangkut peningkatan kompetensi SDM aparatur pelayanan publik hingga pemantapan integrasi e-planning dan e-budgetting.

Pada gelaran Musrenbang ini, selain dihadiri oleh seluruh perwakilan OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat di Kota Pasuruan, hadir pula Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota, dan Dandim 0819 Pasuruan. (tof/**)