Abaikan Physical Distancing, Polisi Bubarkan Ngabuburit di Pelabuhan

4950

Pasuruan (WartaBromo.com) – Di tengah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui physical distancing, sebagian warga justru asyik ngabuburit dan membuat kerumunan di Pelabuhan Kota Pasuruan.

Seperti diketahui, Pelabuhan Kota Pasuruan memang acapkali menjadi lokasi favorit sebagian warga menunggu waktu berbuka puasa tiba (ngabuburit).

Begitu juga dengan Ramadan kali ini. Sabtu (25/4/2020), sebuah video yang menggambarkan kerumunan massa di pelabuhan guna menunggu bedug magrib tiba.

Pun pada Minggu (26/04/2020) sore, sekitar pukul 16.30. Kendati tak seramai sebelumnya, sejumlah warga, khususnya para remaja, yang berkerumun di ruas-ruas jalan di sekitaran pelabuhan.

Mendapati itu, petugas dari Polres Pasuruan Kota dan Satpol PP bergerak ke lokasi dan membubarkan kerumunan.

Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto mengatakan, setiap hari akan melakukan patroli ke semua wilayah Kota Pasuruan. Khususnya di titik-titik yang menjadi lokasi favorit warga untuk ngabuburit.

“Ya pasti. Selama Ramadan, setiap hari kita akan patroli,” kata Endy.

Senada dengan polisi, dari unsur Pol PP, yakni Plt Kasat Pol PP Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah, menyayangkan sikap warga yang tidak patuh pada imbauan pemerintah terkait physical distancing.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan untuk melakukan sosialisasi kepada warga supaya menerapkan imbauan physical distancing dan tidak melakukan kegiatan apapun yang berpotensi mengundang kerumunan. “Kalau ketahuan akan kami bubarkan, kemudian kami beri edukasi,” kata Yanuar.

Sebelumnya diketahui, beredar sebuah video viral di media sosial yang menunjukkan kerumunan warga yang sedang ngabuburit di Pelabuhan Kota Pasuruan.

Video viral tersebut menunjukkan warga, khususnya muda-mudi, yang tampaknya sedang ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa di Pelabuhan Kota Pasuruan. Mereka berkerumun di ruas-ruas jalan pelabuhan. (tof/asd)

.

.

.

.

.

.

.