PAC Muslimat NU Bangil Bagi Ribuan Takjil, Sembako dan Masker

1009
TERTIB: Para abang becak berbaris rapi sambil menerima bantuan sembako dari para pengurus PAC Muslimat NU Bangil.

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bantuan  kepada masyarakat kembali dilakukan PAC Muslimat NU Bangil. Setelah membantu penyemprotan disinfektan ke ranting-ranting, Selasa (12/5) kemarin, PAC Muslimat NU Bangil kembali turun ke masyarakat. Mereka berkumpul di seputaran Alun-Alun Bangil untuk membagikan ribuan takjil, sembako, dan masker.

Sejak pukul 15.00 WIB, para pengurus PAC Muslimat NU Bangil sudah berkumpul di Alun-Alun. Sore itu, sudah berderet para tukang becak yang antre. Lebih tertib memang. Karena pengurus PAC Muslimat NU Bangil sudah lebih awal memberikan kupon kepada para tukang becak ini untuk mengambil sembako.

BERBAGI KASIH: Ketua PAC Muslimat NU Bangil, Dr Hj Laili Abidah saat membagikan masker kepada tukang becak dan pengguna jalan.

Ada 500 sembako yang dibagikan kepada para tukang becak dan juga ranting-ranting. Dengan kupon-kupon itu, para pengurus bisa langsung memberikan kepada yang berhak tanpa kerumunan massa.

Setelah sembako selesai, sebanyak 20 pengurus PAC Muslimat NU Bangil dibagi ke dua titik. Di antara mereka ada yang ke ruas jalan sebelah selatan. Dan separonya di sebelah utara. Mereka kemudian membagikan 2.000 paket takjil dan 2.000 masker. Pembagiannya pun secara merata kepada para pengguna jalan. Biar lebih tertib, petugas di Poslantas Bangil pun membantu pengaturan jalan. Agar Alun-Alun Bangil tidak sampai mengalami kemacetan.

Para pengurus PAC Muslimat NU Bangil berpose sebelum bakti sosial di Alun-Alun Bangil, Selasa (12/5) kemarin.

“Alhamdulillah, pembagiannya bisa tertib dan cepat. Luar biasa semangatnya ibu-ibu Muslimat. Terima kasih bapak polisi yang telah membantu kami,” tegas Dr Hj Laili Abidah, Ketua PAC Muslimat NU Bangil saat berada di lokasi.

Hj Abidah merasa lega, karena bantuan sembako dan masker dari Kementerian Sosial, serta takjil sudah lancar didistribusikan. Apalagi, pola pendistribusiannya juga bisa tepat sasaran. “Kami senang bisa berbagi kasih kepada para tukang becak dan masyarakat pengguna jalan. Selamat hari Kartini, Selamat Harlah Fatayat ke-70. Selamat Harlah Muslimat ke-74. Sehat dan sukses selalu,” cetusnya.

Dengan pengawalan polisi, pengurus PAC Muslimat NU Bangil membagikan takjil kepada para pengguna jalan di seputaran Alun-Alun Bangil.

Pendistribusian ini juga mendapat atensi langsung dari Ketua PC Muslimat NU Bangil, Hj Anisah Syakur. Hj Anis, begitu dia akrab disapa, juga merupakan anggota FPKB DPR RI. Kemarin, ia hadir didampingi Hj Abidah untuk membagikan langsung bantuan kepada tukang becak.

“Acara hari ini adalah bagian dari program yang sudah kita lakukan sebelumnya. Kita ingin ada kebersamaan dan kepedulian kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 ini,” ujar Hj Anis usai memberikan bantuan.

MENDAMPINGI: Hj Anisah Syakur menyerahkan sembako kepada abang becak didampingi Hj Laili Abidah dan pengurus harian PAC Muslimat NU Bangil.

Hj Anis menegaskan saat ini pihaknya mendorong kepada pemerintah mulai pusat hingga daerah bisa segera mendistribusikan bantuan kepada masyarakat. Karena mereka betul-betul sangat membutuhkan. “Kita merasa prihatin sekali. Karena banyak masyarakat kita yang terkena PHK. Jualan mereka tidak laku. Penghasilannya menurun drastis. Kita berharap bantuan pemerintah bisa tepat sasaran. Terutama yang tidak menerima PKH. Biar tidak double accounting (catatan ganda),” tegas anggota DPR RI Dapil Pasuruan-Probolinggo ini.

Bagaimana respon para penerima? Abu Bakar, salah satu tukang becak yang ditemui kemarin mengaku senang dan bahagia bisa mendapatkan bantuan sembako ini. “Senang dan bahagia sekali. Bisa dapat gula, beras, mie, minyak. Ini saya buat untuk buka dan sahur nanti,” ujar Bakar.

“Penghasilan kita sudah susah. Sudah turun banyak. Ada bantuan seperti ini, kami merasa dibantu. Alhamdulillah. Matur nuwun ibu-ibu Muslimat,” imbuhnya. (day/*)