Ini Do’a Malam Lailatul Qadar Sesuai Anjuran Rasulullah

1975

Pasuruan (Wartabromo.com) – Malam lailatul qadar menjadi salah satu keutamaan dalam 10 hari terakhir bulan Ramadan. Sebagaimana diketahui, malam lailatul qadar adalah malam di mana seorang muslim berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan.

Sebagian besar ulama mengatakan, malam Lailatul Qadar biasanya jatuh pada malam ganjil dalam 10 hari terakhir bulan Ramadan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan malam Lailatul Qadar datang di malam-malam genap.

Maka dari itu giatkan ibadah dalam 10 hari terakhir ini. Pada saat itu, siapa yang berdoa dan meminta pada Allah SWT dengan sungguh-sungguh akan dikabulkan permintaannya.

Sebenarnya, adakah do’a yang sebaiknya dipanjatkan untuk mendapat keberkahan momem istimewa, lailatul qadar?

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW,

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى
“Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qadar, do’a apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab:
اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى
Artinya, Ya Allah, Engkau Maha Pengampun, Engkau mencintai orang yang minta maaf. Karenanya ampunilah aku.

Do’a tersebut memang singkat, mudah diingat, namun sarat makna. Para ulama meyakini, doa yang diucapkan Rasulullah itu mengandung ketundukan hamba pada Allah. Selain itu, wujud pernyataan sebagai hamba yang tidak luput dari dosa. Jadi, do’a ini dianjurkan untuk dibaca seserig mungkin. (bel/may)