Pelajar SMP di Kota Pasuruan Lulus 100 Persen

851
Sejumlah wali murid SMP Ma'arif Kota Pasuruan saat mengambil surat keterangan lulus (Standar Kompetensi Lulusan/SKL) bagi putra putrinya.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pengumuman kelulusan pelajar tingkat SMP diumumkan pada hari ini, Jumat (05/06/2020). Semua siswa-siswi SMP di Kota Pasuruan dinyatakan lulus 100%.

Plt Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud), Endang Nurmiyati mengungkapkan, tahun ini ujian sekolah penilaian kelulusan ditiadakan karena pandemi corona.

“Jika ada sekolah yang sudah terlanjur melaksanakan ujian, ya hasil ujian itu yang dijadikan penilaian kelulusan,” kata Endang kepada WartaBromo, Jumat (05/06/2020).

Namun bagi sekolah yang belum melaksanakan ujian, standar kelulusan siswa-siswi diukur berdasar rapor. Selain itu, sikap siswa-siswi selama di sekolah juga menjadi indikator kelulusan.

Seorang wali murid SMP Sang Timur Kota Pasuruan saat menerima surat keterangan lulus (Standar Kompetensi Lulusan/SKL) anaknya.

Di Kota Pasuruan, ada beberapa sekolah yang sudah terlanjur melaksanakan ujian. Namun sebagian besar belum melaksanakan, sehingga rapor siswa-siswi-lah yang dijadikan penilaian kelulusan.

Endang melanjutkan, total keseluruhan ada 3.506 siswa-siswi yang terdiri 3.025 dari SMP dan 481 dari MTs yang lulus pada tahun ajaran 2019/2020.

Karena kondisi pandemi, tidak ada seremoni perayaan kelulusan dalam bentuk apapun. Surat keterangan lulus (SKL) murid oleh sekolah langsung diberikan kepada wali murid.

Wali murid datang ke sekolah, kemudian mengambil SKL tersebut. “Namun tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan. Memakai masker. Jaga jarak. Tidak berkerumun,” imbuh Endang. (tof/ono)