Update Covid-19 Minggu 14 Juni: Ada 2 Pemakaman Pasien Positif asal Gempol

3021

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dua warga Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan meninggal dunia. Mereka dilaporkan meninggal dalam kondisi terjangkiti virus corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad menjelaskan warga itu merupakan laki-laki (55) serta perempuan (64).

Dijelaskan, laki-laki 55 tahun adalah pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan nomor kasus 145 yang diumumkan pada 12 Juni lalu. Ia dilarikan dari RS Mitra Sehat Medika Pandaan ke RS Wafa Husada Kepanjen, Kabupaten Malang per 8 Juni lalu. Meninggal dunia pada Sabtu (13/06/2020) malam.

“Yang bersangkutan meninggal dunia kemarin malam sekitar pukul 23.00 WIB, dan sudah dimakamkan dini hari sekitar pukul 03.00 WIB,” kata Syaifudin, Minggu (14/6/2020) sore.

Baca Juga :   Vaksin Booster Nakes Probolinggo Rampung Akhir Agustus

Sedangkan perempuan 64 tahun adalah pasien RSUD Bangil yang masuk pada 8 Juni dengan diagnosa pneumonia dan rapid reaktif. Empat hari kemudian, ia dinyatakan positif Covid-19. Kata Syaifudin, pasien ini masuk nomor kasus 134, dan meninggal dunia, hari ini sekitar pukul 14.00 WIB.

“Sampai sekarang masih pemulasaraan. Mudah-mudahan seluruh prosesnya lancar sampai jenazah sudah dimakamkan,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasar hasil swab yang keluar hari ini, laki-laki 64 tahun asal Kecamatan Gempol, dilaporkan masuk dalam daftar pasien terkonfirmasi Covid-19.

Gugus tugas memberikan catatannya, jika pria 64 tahun ini merupakan pasien terpapar corona dengan nomor kasus 155. Dikatakan, pasien ini sebenarnya telah meninggal dunia di RS Asih Abyakta, Gempol pada 6 Juni lalu.

Baca Juga :   Klik! Banpol Rp556 Juta Masuk Rekening 9 Parpol Kota Pasuruan

“Swab-nya keluar hari ini dengan hasil positif. Yang melakukan swab adalah RSUD Sidoarjo, karena pasien ini sebelum dibawa ke RS Asih Abyakta, sebelumnya dirawat di RSUD Sidoarjo sampai pulang,” terangnya.

Secara kumulatif pasien positif, disebutkan sebanyak 155 kasus. Dari angka itu, 51 berasal dari Gempol, 17 warga Beji, 16 warga Bangil, 8 warga Pandaan, 8 warga Prigen, 7 warga Kraton, serta 9 warga Purwosari,

Kemudian pasien positif direkam juga pada 5 warga Puspo, 7 warga Purwodadi, 4 warga Gondangwetan, 3 warga Grati, 1 warga Kejayan, 2 warga Lekok, 1 warga Lumbang, 2 warga Nguling, 1 warga Pasrepan, 2 warga Sukorejo, 3 warga Rejoso, dan 2 warga Tutur.

Kecamatan Pohjentrek, Tosari, Winongan, dan Wonorejo, hingga berita ini disusun dilaporkan bersih, belum ditemukan kasus positif Covid-19.  PDP (pasien dalam pengawasan)  mencapai 221 orang. Sedangkan jumlah ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 278 orang.

Baca Juga :   Ini Kelebihan dan Kekurangan Masker Kain

Untuk informasi, ada 8 warga Gempol meninggal dunia dengan status terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan warga Kabupaten Pasuruan yang meninggal masuk daftar pasien positif sebanyak 18 orang.

Mereka terdiri dari 1 warga Bangil, 1 warga Grati, 2 warga Beji, 8 warga Gempol, 1 warga Kejayan, 1 warga Pandaan, 1 warga Prigen, 1 warga Purwosari, 1 warga Purwodadi, dan 1 warga Tutur.  (mil/ono)