Mau Banting Setir Dagang Online? Begini Tipsnya

1231

Pasuruan (Wartabromo.com) – Tak sedikit karyawan dirumahkan akibat pandemi Covid-19. Hal ini membuat banyak yang berpikir untuk banting setir menjadi pedagang.

Namun, sebagai pemula yang minim pengalaman berbisnis, tentunya banyak ketakutan saat akan memulai jualan.

“Takut gagal awalnya, pasti. Karena, itu respon semua manusia ketika mencoba hal-hal baru,” tutur Mayasari Amzah, Pegiat Bisnis Online beberapa waktu lalu, dalam bincang-bincang bersama WartaBromo.

Ditambahkan kemudian, saat memutuskan berbisnis, hal yang paling utama adalah kemauan. Pasalnya, berbisnis itu pilihan, antara mau atau tidak.

Apabila sudah memiliki kemauan yang kuat, mulailah menjual produk-produk yang bermanfaat dan sering dibutuhkan. Terlebih, kondisi new normal yang membuat banyak orang memiliki kebiasaan baru seperti rajin memakai masker.

Baca Juga :   Tips Memilih Smartphone untuk Bisnis Online

Yaps, masker bisa menjadi pilihan bagi yang ingin mulai berjualan. Perlengkapan lain yang juga menunjang kebersihan seperti hand sanitizer menjadi alternatif lain.

Selain kebutuhan untuk menjaga kebersihan, bahan makanan dalam kemasan frozen atau makanan jadi juga masih menjadi favorit. Kebutuhan lain seperti pakaian, bahkan sepeda sebagai penunjang menjaga kesehatan kini mulai diburu.

“Bisnis itu gampang. Asalkan kita mau langsung action aja ya. Jadi gak usah dipikirin kalau bisnis itu,” imbuhnya.

Wanita yang akrab disapa Maya itu menjelaskan, ada beberapa tips agar bisnis yang dirintis tidak hanya bertahan tapi dapat berkembang. Berikut daftarnya:

  1. Tentukan tujuan awal berbisnis. Pastikan tujuan berbisnis untuk memberikan manfaat bagi orang lain;
  2. Tetap konsisten berjualan apapun yang terjadi;
  3. Fokus, kreatif, inovatif;
  4. Jangan lupa banyak marketing langit. Marketing langit yang dimaksud antara lain ibadah, banyak bersedekah, silaturahmi, membuka perisai untuk merubah nasib (berdoa, bersyukur, bersedekah);
  5. Jangan putus asa. Bertahanlah untuk tetap berjualan di satu tahun pertama mbabat alas.

Yuk, mulai aja dulu! (bel/ono)

Baca Juga :   Memulai Bisnis di Instagram, Hindari Kesalahan Kecil Ini!

Simak videonya: