Probolinggo dan 33 Daerah Berubah dari Zona Merah ke Oranye, Ini Daftarnya

700

Jakarta (wartabromo.com) – Dalam waktu satu pekan ada kabar baik dalam hal zonasi risiko penularan covid-19. Kabupaten Probolinggo berubah dari zona risiko tinggi (merah) menjadi zona risiko sedang (oranye) penularan virus corona.

Bersama 33 daerah lain, Kabupaten Probolinggo turun zona. Sebagaimana dilansir oleh Satgas Penanganan Covid-19 pada Selasa petang, 15 September 2020. Satgas juga mencatat ada 23 daerah dengan status zona merah tiga kali berturut-turut hingga 13 September 2020.

“Kalau kita lihat sekarang zona dengan risiko tinggi sebelumnya ada 70 kabupaten/kota dan sekarang turun. Artinya di Indonesia jumlah zona merah turun,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers dari Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pihaknya, kata Wiku, sangat menghargai upaya 34 kabupaten/kota yang telah mampu mengurangi risiko penularan Covid-19 menjadi lebih baik. Ia berharap, pemerintah di 34 daerah tersebut terus bekerja maksimal. “Meskipun zonanya masih zona oranye harus didorong lagi menjadi zona kuning dan hijau,” lanjutnya.

Zonasi itu disusun berdasarkan tiga indikator, yakni epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan. Berdasarkan tiga indikator itu, pemerintah menetapkan zonasi merah (risiko tinggi), oranye (risiko sedang), kuning (risiko rendah), dan hijau (tanpa kasus).

“Maka dari itu untuk daerah-daerah yang masuk dalam zona oranye mohon untuk betul-betul dapat memperhatikan agar pengendalian kasusnya dapat ditingkatkan. Terutama dari protokol kesehatan yang dijalankan oleh masyarakatnya, agar zonanya menjadi zona ringan atau rendah atau risiko rendah atau akhirnya tidak ada kasus baru lagi,” ujar Wiku.

Berikut daftar 34 kab/kota tersebut:

1. Aceh

– Aceh Barat

– Kota Banda Aceh

2. Sumatera Utara

– Kota Binjai

– Kota Gunungsitoli

3. Sumatera Barat

– Agam

– Kota Padang

– Kota Padang Panjang

– Kota Bukittinggi

4. Riau

– Pelalawan

– Kuantan Singingi

– Kota Dumai

5. Sumatera Selatan

– Lahat

– Kota Lubuklinggau

6. Kepulauan Riau

– Kota Tanjungpinang

7. DKI Jakarta

– Jakarta Pusat

8. Jawa Barat

– Kota Bekasi

9. Jawa Tengah

– Kota Semarang

10. Jawa Timur

– Probolinggo

– Sidoardjo

11. Banten

– Tangerang

– Kota Tangerang Selatan

– Kota Tangerang

12. Bali

– Jembrana

– Tambanan

13. Kalimantan Tengah

– Barito Selatan

14. Kalimantan Selatan

– Barito Kuala

– Hulu Sungai Utara

– Balangan

– Tanah Laut

15. Kalimantan Timur

– Kutai Kartanegara

– Mahakam Ulu

16. Sulawesi Utara

– Kota Manado

17. Sulawesi Selatan

– Kota Makassar

18. Papua Barat

– Teluk Bintuni

(saw/ono)