Ternyata Begini Urutan Penamaan Versi di Android

604

Pasuruan (Wartabromo.com) – Sistem operasi android terkenal dengan penamaannya yang unik. Berbagai deretan nama makanan pencuci mulut (dessert) dipilih.

Mengutip CNN Indonesia, nama dessert yang disematkan dibuat sesuai susunan alfabet. Tahun 2009 silam, android versi Cupcake pun meluncur. Dilanjutkan dengan donut, eclair, froyo, gingerbread, honeycomb, ice cream sandwich, jellybean, kitkat, lollipop, marhsmallow, nougat, oreo, dan android versi pie.

Namun, tradisi penamaan menggunakan deretan dessert ini mulai ditinggalkan. Padahal, harusnya Google menggunakan nama dessert berawalan alfabet Q. Google justru meluncurkan Android versi 10.

Perubahan dalam penamaan Android tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, Google disebut-sebut sulit menemukan nama makanan berawalan huruf Q yang mudah dipahami orang secara umum.

Mulanya, pada 2019 lalu android 10 dinamakan dengan queens cake atau quindim yang notabene merupakan nama kembang gula di Brasil. Sayangnya, nama itu terdengar asing bagi orang-orang di luar Brasil.

Alhasil, penamaan android pun berubah dari menu dessert ke kode angka. Buktinya, Google meluncurkan Android 11 di awal September lalu setelah meluncurkan Android 10. (bel/ono)