Sering Dianggap Memalukan, Ternyata Kentut Punya Manfaat Kesehatan

880

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Kentut sering dianggap sesuatu yang memalukan. Padahal, dibalik kentut, ada manfaat kesehatan yang tersembunyi lho.

Mengutip Kompas, kentut adalah produk sampingan dari sistem pencernaan kita. Ketika makan, mengunyah hingga menelan, tanpa sadar, ada udara yang ikut masuk ke dalam tubuh.

Selanjutnya, gas-gas tersebut akan terus menumpuk pada sistem pencernaan. Sebagian diserap secara alami, tapi sisanya tentu harus dikeluarkan dari tubuh. Sisa gas inilah yang dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk bentuk kentut dan sendawa.

Nah, keluarnya kentut bisa menjadi indikator tubuh sedang dalam kondisi sehat dan baik. Sebenarnya, apa saja sih manfaat kentut bagi kesehatan?

Yuk cek!

1. Baik untuk usus besar

Siapa sangka, kentut dapat menurunkan risiko komplikasi usus besar. Pasalnya, sesorang yang tidak bisa kentut atau menahan kentut keluar, gas yang tak dikeluarkan itu dapat membatasi gerak usus.

Kondisi tersebut akan membuat sistem pencernaan tidak nyaman. Bahkan, dapat menimbulan rasa nyeri, dan sembelit.

2. Sebagai sistem peringatan dini

Ternyata, bukan jam saja yang berfungsi sebagai alarm manusia. Kentut juga bisa menjadi alarm.

Ya, kentut dapat berfungsi sebagai alarm atas sesuatu yang terjadi pada saluran cerna. Tak hanya itu, kentut juga mampu memprediksi masalah kesehatan utama sejak dini.

Contoh, saat kentut sesorang berbau ekstrem, frekuensi gas yang meningkat, dan nyeri gas yang aneh, bisa jadi merupakan gejala dari intoleransi laktosa atau pada kasus ekstream seperti kanker usus besar.

3. Membantu menyeimbangkan pola makan

Bagi yang sedang menjalanai diet seimbang nan sehat, kentut bisa menjadi petunjuk. Petunjuk yang dimaskud berkaitan dengan makanan yang dibutuhkan usus.

Sekadar diketahui, setiap makanan menghasilkan jenis yang berbeda-beda. Dengan begitu, tubuh akan mengetahui makanan apa yang terlewat, atau berlebih. Sedangkan ketika bau kentut yang tidak sedap, bisa diakibatkan terlalu banyak makan daging merah.

4. Menunjukkan kondisi bakteri usus

Ada yang sering kentut?
Eits, tenang. Jangan langsung berpikir sedang tidak sehat ya.
Justru, sering kentut bisa menjadi pertanda mikrobioma di usus lebih sehat lantaran makanan yang memberi makan mikrobioma. Alhasil, pencernaan menjadi lebih baik dan membuat gas yang dihasilkan lebih banyak.

5. Mengurangi kembung

Ketika perut kembung usai konsumsi makanan terlalu banyak, gas yang ada dalam tubuh menjadi sulit keluar. Ketika gas berhasil dikeluarkan dalam bentuk kentut, maka akan secara langsung dapat mengurangi rasa kembung.

Hal membahagiakan lain ketika kentut adalah bikin lega. Bagaimana tidak, ketika sulit kentut, seseorang akan mengalami sakit perut dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

So, kentut itu gak salah ya bolo. Tapi, kalau lagi sama orang lain, melipir dulu gapapa biar orang lain tidak terganggu. (bel/ono)