Bukan Cuma Indonesia, Negara-negara Ini Juga Punya Gorengan Maknyus

560

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Gorengan merupakan camilan yang cukup populer di Indonesia. Ternyata, bukan hanya Indonesia lho yang punya gorengan.

Mengutip detik, banyak dari berbagai belahan dunia yang memiliki gorengan dengan ciri khas masing-masing. Ada gorengan yang rasanya manis, ada pula yang bercita rasa gurih.

Nah, biar lebih jelas, yuk kenalan sama mereka!

1. Tomat Hijau Goreng Tepung

Sayuran yang digoreng memang bukan hal tabu lagi. Terong krispi, kembang kol goreng tepung, atau kripik bayam mungkin sudah banyak di Indonesia. Tapi, Amerika punya gorengan sayur yang berbeda yakni terbuat dari tomat hijau.

Ya, di Amerika tomat hijau yang digoreng dengan balutan tepung krispi menjadi salah satu camilan favorit. Meski terdengar sederhana, tapi gorengan ini sudah ada sejak zaman dulu.

Gorengan ini disebut-sebut muncul dari ide kreaif para tukang kebun untuk memakan tomat yang belum matang. Wah, ada-ada saja ya.

2. Pakora

Kalau Indonesia punya bakwan, India punya pakora. Pakora tampilannya mirip bakwan yang digoreng garing. Bahan dasarnya pun sama, tepung terigu dan irisan sayuran.

Irisan sayuran yang digunakan untuk pakora yakni bawang merah, terong, kentang, bayam, pisang, kembang kol, tomat, cabai. Selain itu, pakora juga diberi roti serta potongan ayam. Untuk menikmati pakora, banyak yang memadukannya dengan chutney yang kaya rempah.

3. Panzerotti

Gorengan satu ini bisa dibilang perpaduan antara pastel dan empanada. Namanya, panzerotti asal Italia. Kulitnya, sama0sama terbuat dari tepung terigu. Hanya saja, isian panxerotti sedikit berbeda dari pastel. Panzerotti berisi daging sapi dengan tambahan sayuran, hingga aneka jenis keju.

4. Tostones

Tostones, gorengan populer di wilayah Karibia hingga Amerika Latin ini bisa dibilang bentuk lain dari pisang goreng.

Bedanya, kalau pisang goreng di Indonesia identik dengan bentuk memanjang, tostones berbentuk irisan tipis. Pisang yang telah diiris tipis inilah yang kemudian dibalur dengan tepung.

Biasanya, pisang yang digunakan adalah pisang yang belum terlalu matang. Bahkan, pisang yang kulitnya masih hijau pekat yang paling sering dijadikan tostones.

Cara menikmati tostones cukup unik, yakni dengan menaburkan sedikit garam. Bisa juga pakai cocolan saus gurih.

5. Karinto

Apa itu karinto?

Karinto merupakan gorengan khas Jepang. Terbuat dari potongan adonan tepung terigu mirip seperti cakwe, camilan satu ini memiliki tekstur garing dan crunchy. Tampilan karinto lebih menarik dengan taburan brown sugar di atasnya. Tapi tenang, selain rasa manis, karinto juga ada yang rasa teh, ubi sampai charcoal.

Nah, jika gorengan identik dengan jajanan pinggir jalan, karinto justru sulit ditemukan di penjual kaki lima. Karinto lebih banyak dijual di retoranatau gerai makanan khusus. (bel/ono)