KH. Moh. Hasan Saiful Islam wafat, Pesantren Zainul Hasan Genggong Kembali Berduka

3113

Pajarakan (wartabromo.com) – Keluarga besar Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong kembali berduka. KH. Moh. Hasan Saiful Islam wafat pada Sabtu, 17 Oktober 2020.
Putra almarhum KH. Hasan Saifouridzall bin KH. Moh Hasan Genggong tersebut, wafat sekitar pukul 12.20 WIB di kediamannya.

Kepergian Kiai yang akrab dipanggil Non Beng itu, dibenarkan oleh pihak keluarga. “Enggi (betul),” jawab Gus Rahmatullah, ipar KH. Moh. Hasan Saiful Islam, ketika dihubungi wartabromo.com melalui whatsapp.

Berdasarkan sumber dari Biro Komunikasi dan Informasi (Kominfo) ponpes setempat, Alm. KH. Moh. Hasan Saiful Islam sejauh ini dalam kondisi sehat.
Bahkan, pada Sabtu (17/10/2020) sekitar pukul 01.15 WIB dinihari, beliau masih menyempatkan diri berziarah ke makam Mu’assis Ponpes setempat yang berada di area Masjid Al-Barokah Ponpes Zainul Hasan Genggong. Sedangkan di pagi harinya, masih melakukan aktivitas biasa di lingkungan pesantren.

Kabar meninggalnya kiai murah senyum tersebut membuat kaget santri, alumni, dan simpatisan PZH Genggong. Sebab, tak ada kabar bahwa pengasuh Pondok Darut Tauhid itu, sakit. Kabar kepergiannya pun menghiasi linimasa media sosial.

Duka mendalam menyelimuti pesantren dan Nahdlatul Ulama. Secara khusus, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengeluarkan instruksi. Surat yang ditandatangani Rais dan Katib, Ketua dan Sekretaris PWNU Jatim itu ditujukan kepada pengurus NU di berbagai tingkatan serta seluruh Nahdliyin.

“Instruksinya adalah untuk melaksanakan salat gaib dan tahlil ditujukan untuk almarhum. Teriring doa semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dan tawakal menerima musibah ini,” demikian bunyi surat tersebut.
Informasi yang didapat dari pesantren setempat, tepatnya KH Moh Hasan Maulana dan KH Ahsan Qomaruzzaman, bahwa pemakaman almarhum KH Moh Hasan Saiful Islam akan dilaksanakan pukul 19.00 WIB atau bakda Isya.

Sebelumnya, KH. Moh. Hasan Abdel Bar, salah satu pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan Genggong tutup usia, Minggu (30/8/2020). Non Bang yang juga menjadi pengasuh di Pondok Zainul Hasanain Genggong wafat ketika menjalani perawatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. (saw/ono)