Coba Curi Truk, Remaja asal Lumajang Diamankan Polisi

1340

Leces (wartabromo.com) – Remaja asal Lumajang diserahkan ke polisi. Gara-garanya, ia nekat mencoba mencuri dump truk saat berada di wilayah Leces, Kabupaten Probolinggo.

Pencuri dump truk itu yang diparkir di Jalan Raya Probolinggo-Lumajang Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo itu adalah Abdul Latif alias Mocin (18).

“Kami amankan satu terduga pelaku pencurian dengan pemberatan di wilayah hukum kami. Pelaku merupakan warga Kabupaten Lumajang,” sebut Bripka. Eko Apriyanto selaku Kanitreskrim Polsek Leces mewakili Kapolsek, AKP. Achmad Gandhi pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Upaya pencurian itu dilakukan oleh pelaku pada Senin siang 26 Oktober. Semula remaja asal Dusun Siluman, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang tersebut bersama dengan 8 temannya pesta arak di taman umum Pasirian sekitar pukul 12.00 WIB.

Dalam pengaruh miras, salah satu dari mereka memiliki ide untuk mencuri truk. Sekitar pukul 14.00 WIB, mereka pun bergeser ke wilayah Kecamatan Tempeh untuk mencari sasaran.

“Pelaku ini, kemudian menunggu truk yang lewat. Pura-pura numpang,” jelas Apri.

Dengan modus menumpang, Mocin lantas menghentikan dump truk nopol L 9516 UV yang dikemudikan M. Nurullah (38), asal Desa Ngepoh, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Selama dalam perjalanan, sopir menanyakan tentang asal usul Abdul Latif, tetapi dijawab dengan tidak jelas oleh pelaku. Sopir sebelumnya juga meminta tidak membawa senjata tajam, sehingga pelaku menitipkannya di sebuah warung makan di sekitar lokasi pengepul pasir.

“Ketika korban dan pelaku sedang dalam perjalanan, para pelaku yang lain membuntuti dari belakang menggunakan sepeda motor,” sebut Kanitreskrim.

Karena curiga dengan gelagat pelaku, Nurullah menghentikan truk di sebuah warung di Desa Jorongan,. Kunci kontak dibiarkan tetap tergantung. Pelaku tetap di atas truk, waktunya sekitar pukul 22.30 WIB.

Ketika sopir ada di dalam warung, pelaku lain masuk ke dalam truk. Abdul Latif pun, kemudian menghidupkan truk, berusaha menjalankan truk.

Truk sempat terperosok ke saluran air. Mengetahui truk coba dicuri, Nurullah yang memang mengawasi geliat pelaku, bersama sopir truk lain dan pemilik warung, lantas bergerak ke arah truk.

Pelaku dan temannya kemudian melarikan diri. Abdul Latif bersembunyi di kabin truk lain yang terparkir tak jauh dari lokasi.

“Pelaku kemudian diamankan oleh sopir dan warga. Sementara pelaku lainnya berhasil melarikan diri. Untuk pelaku lain masih dalam pengejaran kami bersama timsus Polres Probolinggo. Barang bukti dan pelaku diamankan di mapolsek,” tandas mantan Kanitreskrim Polsek Sukapura itu. (lai/saw)