Gegara Selang Elpiji Bocor, Rumah Di Leces Ludes Terbakar

730

Leces (wartabromo.com) – Rumah di Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo ludes terbakar pada Rabu (4/10/2020). Kebakaran dipicu oleh selang gas elpiji bocor saat kompor menyala.

Rumah tersebut diketahui milik Abdul Aziz (63), warga Blok Krajan, RT 003 RW 005. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 12.35 WIB. Saat itu pemilik rumah sedang memasak mie instan. Belum selesai masak, si empunya keluar sebentar. Rupanya, selang kompor gas yang digunakan untuk memasak mengalami kebocoran.

Hal itu memicu kebakaran di dapur yang dipenuhi dengan peralatan yang mudah terbakar. Ditambah bangunan dapur terbuat dari kayu, membuat kobaran api dengan cepat merembet dan menghanguskan nyaris seisi rumah milik Abdul Azis.

“Keterangan yang kami peroleh dari korban, kebakaran diduga kuat berasal dari kompor gas yang digunakan oleh korban memasak mie instan,” kata Kasi Pemadaman Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Su’ud.

Pemilik rumah beserta warga sekitar, sempat berupaya untuk memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Tetapi sia-sia karena kobaran api yang terus membesar dan tak dapat dikendalikan. Mobil pemadam kebakaran sekitar 15 menit kemudian. Sekitar 30 menit kemudian, api ditaklukkan.

“Saat kami tiba ke lokasi, kondisi rumah sudah separuh terbakar. Jadi saat di lokasi kami hanya melakukan pembasahan saja, khawatir timbul api baru,” sebutnya.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja kerugian material diperkirakan mencapai Rp50 juta. Sebab, lebih dari separuh rumah rusak terbakar.

“Sudah olah TKP. Penghuni rumah selamat, namun kondisi rumah mengalami rusak parah akibat kebakaran tersebut,” timpal Kanitreskrim Polsek Leces, Bripka Eko Aprianto. (cho/saw)