Kena “Sapon”, Ikan di Danau Ranu Mati

2799

Grati (wartabromo.com) –  Ikan di Danau Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan mengambang dan mati. Cuaca berikut angin kencang diperkirakan jadi penyebabnya.

Yuslimu, Kepala Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan membenarkan adanya peristiwa ikan di Danau Ranu tiba-tiba mengambang dan mati. Ia memperkirakan ikan-ikan mati ini berjumlah ribuan dan mencapai berton-ton.

“Iya itu terjadi pada Kamis (10/12/2020) kemarin, bisa sampai 1 ton lebih,” kata Yuslimu saat dikonfrimasi wartabromo.com.

Yuslimu menyebut, ikan ini mabok setelah angin kencang melanda Kecamatan Grati. Hal ini kerap terjadi di musim angin dan hujan seperti saat ini. Warga seringkali menyebut kondisi seperti ini dengan istilah “sapon”.

“Ikan yang mati dari berbagai jenis, semua yang ada di Danau Ranu banyak yang mengambang, ukurannya yah lumayan,” katanya.

Baca Juga :   Serok Fulus dari Budidaya Ikan Discus

Hal tersebut dikatakan rutin terjadi setiap tahunnya. Pastinya pembudidaya ikan di Danau Ranu juga terkena dampaknya, merugi.

“Karena angin Mas. Memang kalau musim angin sering kayak gitu,” lanjutnya.

Ikan yang mengambang di antaranya ikan mujaer, nila, patin, hingga ikan lempuk. Ikan mabuk dan mati di danau tersebut mempunyai ukuran cukup besar. (don/may)