Hasil Rekap KPU Antarkan Kakak – Adik Pimpin Pasuruan Raya

1356
Foto: M Rosyidi

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Saifullah Yusuf – Adi Wibowo akhirnya terpilih sebagai peraih suara terbanyak pilwali Kota Pasuruan 2020.

Hasil rekapitulasi KPU di tingkat kota, paslon nomor urut 01 Gus Ipul-Adi Wibowo ungguli petahana Raharto Teno Prasetyo-M. Hasjim Asjari.

Rekapitulasi perolehan suara yang digelar di Kantor KPU Kota Pasuruan, Selasa (15/12/2020) itu dihadiri liaison officer dari masing-masing paslon dan petugas PPK dari 4 kecamatan di Kota Pasuruan.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari menjelaskan, proses rekapitulasi pada pilkada serentak tahun ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi sirekap dan manual.

“Di PKPU disebutkan yang dipakai penetapan hasil adalah manual berjenjang seperti yang kita lakukan sekarang. Nah sirekap itu hasil dari manual yang sudah di-sharingkan di forum rekapitulasi ini kita unggah,” kata Royce.

Hasil rekapitulasi tingkat kota ini, lanjut Royce, paslon nomor urut 01 Gus Ipul-Adi Wibowo memperoleh suara sebanyak 73.236 suara atau 67,9 persen. Sementara paslon nomor urut 02 Teno-Hasjim memperoleh suara sebanyak 34.572 atau 32, 1 persen.

“Itu hasil dari yang kita lakukan rekapitulasi secara manual di Kantor KPU Kota Pasuruan,” imbuh Royce.

Selanjutnya, dijelaskan Royce, sejak diumumkannya hasil rekapitulasi tingkat kota, baik pasangan 01 dan pasangan 02, jika ingin menggugat diberikan waktu tiga hari untuk menyusun gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

“Mereka punya waktu 3 hari. Karena itu hak mereka,” pungkas Royce.

Di sisi lain, hasil rekapitulasi yang menyatakan Gus Ipul – Adi Wibowo sebagai peraih suara terbanyak menjadikan Pasuruan Raya dipimpin kakak-adik. Pasalnya, sang adik, Irsyad Yusuf saat ini tengah menjabat sebagai bupati Pasuruan periode kedua. (tof/asd)