Pemkab Probolinggo Siapkan Rp4 Miliar Untuk Lahan Parkir Seruni Point

1465

Sukapura (wartabromo.com) – Pemkab Probolinggo bakal membangun lahar parkir wisata puncak Seruni Point di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Anggaran sekitar Rp4 miliar dipersiapkan untuk pematangan lahan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kabupaten Probolinggo, Prijono mengatakan dana sebesar itu, untuk proses pematangan lahan parkir. Lahan yang bakal digarap seluas 1.500 meter persegi.

“Awal tahun ini, kami langsung proses pematangan lahan parkirnya,” sebutnya pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Berdasarkan konsep yang ada, di Seruni Point akan dibangun lahan parkir landscape. Tujuannya, wisatawan yang berusia lanjut tidak perlu naik ke puncak Seruni Point dengan 256 anak tangga. Cukup melihat dari lahan parkir.

Baca Juga :   Cimory Tetap Buka, Tak Terpengaruh Peristiwa Lahan Parkir Ambrol

Pihaknya, kata Prijono, mengambil langkah itu karena Seruni Point ramai dikunjungi. Menjadi alternatif wisatawan melihat pemandangan Bromo dan sekitarnya.

Selain itu, tim dari Kementerian PUPR telah meninjau kesiapan lahan penunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
Dimana Bromo masuk dalam KSPN yang ditunjang empat kabupaten. Yaitu, Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Tahun ini, Kementerian PUPR memutuskan untuk mengembangkan KSPN Bromo. Sebagai proyek pertamanya yaitu pembangunan tempat parkir di puncak Seruni Point.

“Melihat kesiapannya, akhirnya Kabupaten Probolinggo dipilih untuk pembangunan lahan parkir tahun 2021. Dengan adanya pematangan lahan, kementerian bisa lebih cepat proses pembangunan fisik lahan parkir dan fasilitasnya,” tandas Priyono. (saw/saw)