Dimulai Februari, Vaksinasi Covid di Kota Pasuruan Dilaksanakan di Sini

703

Pasuruan (WartaBromo.com) – Vaksinansi Covid-19 di Kota Pasuruan akan dimulai pada bulan Februari 2020. Seluruh puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu) di Kota Pasuruan jadi tempat pelaksanaannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Shierly Marlena mengatakan, pos vaksinasi ada 39 yang terdiri 8 puskesmas, 29 pustu, rumah sakit, dan kantor kesehatan pelabuhan.

“Untuk 65 vaksinator sudah siap,” kata Shierly kepada WartaBromo, Kamis (14/01/2021).

Jubir Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat menambahkan, pada Februari nanti Kota Pasuruan bakal mendapatkan 1.460 dosis vaksin dari pengajuan awal sejumlah 1.757 dosis vaksin.

“Kota Pasuruan akan melaksanakan di termin 2. Termin 1 kan Surabaya, Gresik, Sidoarjo,” kata Kokoh.

Pemkot Pasuruan menyiapkan gedung farmasi yang letaknya tak jauh dari kantor Dinas Kesehatan Kota Pasuruan untuk tempat penyimpanan vaksin Covid-19 sebelum kemudian disalurkan ke semua pos vaksinasi.

Menurut Kokoh, sasaran vaksinasi tahap 1 pada Februari besok di antaranya adalah tenaga kesehatan, SDM  kesehatan, dan ada 10 dosis untuk pejabat publik.

Untuk tahap 2 sasaran vaksinasi adalah petugas pelayanan publik, yaitu anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya, serta kelompok usia lanjut.

Kemudian tahap 3 sasaran vaksinasi adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Terakhir vaksinasi tahap 4 sasarannya adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya. (tof/ono)