Gunung Semeru Gugurkan Awan Panas, Bunda Indah: Kondisi Sudah Aman

474

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru kembali mengeluarkan Awan Panas Guguran pada Sabtu (16/01/2021). Meski demikian, Wakil Bupati Lumajang menyebut Gunung Semeru dalam kondisi aman.

Menggaungnya Gunung Semeru meletus di sosial media membuat Wabup Lumajang, Indah Amperawati buka suara. Ia menerangkan, jika Gunung Semeru memang mengeluarkan guguran awan panas.

“Banyak Whatsapp, medsos, televisi yang mengabarkan erupsi. Melalui WA banyak kabar beredar gunung semeru meletus. Itu bukan letusan tapi akibat gravitasi menyebabkan guguran awan panas.  Kondisi sudah aman,” paparnya saat melakukan pengecekan di Pos Pantau Gunung Semeru, Gunung Sawur, Kecamatan Candipuro, Sabtu (16/1/2021).

Ditambahkan kemudian, pantauan pada Minggu (17/1/2021) dini hari ada lava panas yang tampak meluncur. Namun sudah berkurang sekira 2 kilometer dari puncak Semeru.

Bunda Indah mengimbau warga untuk tidak beraktivitas di radius 4 kilometer dari arah bukaan kawah. Tim BPBD dan relawan juga telah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemantauan.

Sementara sampai saat ini pemkab Lumajang tidak membuka posko bencana. Sebab kondisi dianggap masih aman.

“Namun semua peralatan, sarpras dan SDM (pemkab,TNI, POLRI) siap setiap waktu,” tutupnya. (rul/may/ono)