Jangan Sepelekan, Segera Ketahui Cara Mencegah Anemia 

802

Pasuruan (WartaBromo.com) – Anemia seringkali disepelekan oleh sebagian orang. Padahal berdasar penelitian, 3 dari 10 remaja di Indonesia mengalami anemia.

Hari Gizi Nasional tahun ini mengambil tema mengenai anemia. Terang saja, anemia memang seringkali disepelekan, padahal bisa jadi penyakit serius.

Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Dinukil dari kompas.com, ada 4 cara mencegah anemia yang harus diperhatikan mulai saat ini. Apa saja?

1. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Zat Besi Tinggi dan Protein

Protein dalam sel darah merah bertugas mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Sedangkan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh tetap stabil.

Oleh karena itu, orang yang asupan zat besi dan proteinnya tercukupi cenderung tidak pernah merasa lesu. Berbeda dengan yang tidak mendapatkan asupan cukup, maka sekalipun tidak beraktivitas maka akan mudah merasa letih.

Baca Juga :   Jangan Hancurkan Barang! Begini Cara Self Healing Terbaik

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Untuk mencegah anemia ternyata bisa dilakukan dengan cara memperbanyak mengkonsumi vitamin C. Pasalnya, vitamin C mampu membantu penyerapan zat besi agar lebih optimal.

3. Makan Asupan yang Mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat

Tidak hanya vitamin C saja yang bisa mencegah anemia, Vitamin B12 dan asam folat pun demikian. Pembentukan sel darah merah akan berlangsung sempurna jika didukung dengan vitamin B12.

Apa saja makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi? Diantaranya seperti ikan, daging ayam, hati, kerang, susu dan masih banyak lagi.

4. Jangan Minum Teh dan Kopi Saat Makan

Selain ketiga hal di atas, ternyata ada hal penting yang selama ini cenderung disepelekan orang. Apakah itu? Yakni minum teh atau kopi saat makan.

Baca Juga :   4 Anggota BPBD Kesetrum saat Evakuasi Korban Banjir hingga PSBB Pulau Jawa-Bali | Koran Online 7 Jan

Mengapa demikian? Sebab kopi dan teh mengandung kafein yang membuat tubuh sulit menyerap zat besi. Oleh karenanya, jangan minum teh maupun kopi saat makan ataupun setelahnya. (trj/may)

Baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Mandiri Naik, Cek Rinciannya yuk!